Profil penyelenggaraan pendidikan inklusi (Studi kasus di SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang) / Purwa Anis Nurpridayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil penyelenggaraan pendidikan inklusi (Studi kasus di SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang) / Purwa Anis Nurpridayanti

Nurpridayanti, Purwa Anis (2013) Profil penyelenggaraan pendidikan inklusi (Studi kasus di SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang) / Purwa Anis Nurpridayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci penyelenggaraan pendidikan inklusi Adanya fakta anak tamatan SLB tidak mudah diterima oleh masyarakat karena penyelenggaraan pendidikan yang terpisah dari anak-anak pada umumnya sehingga kurang sosialisasi maka pemerintah mencanangkan pendidikan inklusi yang dikukuhkan oleh Permen Diknas Nomor 70 Tahun 2009. Salah satu pendidikan inklusi di Kota Malang yaitu SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan tindak lanjut dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi di SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh dari informan SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi partisipan wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan selama dan setelah pengumpulan data dengan mengumpulkan data menyajikan data dan menyimpulkan data melalui tahap pra lapangan pekerjaan lapangan dan analisis data. Kehadiran peneliti sebagai instrument kunci memungkinkan terjadinya bias atau prasangka pada diri peneliti sehingga dilakukan uji kredibilitas dan teknik triangulasi. Diperoleh simpulan dari penelitian ini yaitu perencanaan penyelenggaraan pendidikan inklusi di SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang mengacu pada petunjuk pelaksanaan dari Dinas Pendidikan dan berpedoman pada UU Nomor 20 Tahun 2003 dan Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009. Sekolah memiliki paguyuban reguler dan ABK. Pada pelaksanaannya terdapat sistem penerimaan siswa baru reguler dan ABK. Sekolah memiliki 18 siswa ABK dan terdapat lebih dari 10% siswa ABK di beberapa kelas. Sekolah melakukan diversifikasi kurikulum serta modifikasi silabus dan RPP. Perekrutan GPK dilakukan oleh pihak sekolah melalui proses pelamaran kerja dan seleksi. Terdapat satu GPK lulusan S1 Pendidikan Matematika. GPK bukan ahli terapi sementara tugas GPK mengisi jurnal pada waktu mendampingi siswa ABK dan saat melakukan pembelajaran. Sekolah memiliki keterbatasan pada tenaga pendidik yang baru memiliki tiga GPK maka satu GPK cukup membuat satu PPI. Terdapat Shadow dari yayasan secara pribadi mendampingi satu siswa ABK. Pembelajaran antara siswa reguler dan ABK berada pada kelas yang sama khusus kelas VI pembelajarannya terkadang dilakukan di ruang sumber. Sekolah mendapatkan banyak bantuan dari Dirjen PKLK (Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus). Sekolah telah meraih berbagai prestasi. Tindak lanjut yang dilakukan sekolah yaitu evaluasi setiap akhir tahun dan workshop.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104737

Actions (login required)

View Item View Item