Peningkatan kemampuan menulis narasi melalui model pembelajaran literasi fokus menulis di kelas IV SDN Sutojayan 1 Kabupaten Blitar / Evi Tri Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis narasi melalui model pembelajaran literasi fokus menulis di kelas IV SDN Sutojayan 1 Kabupaten Blitar / Evi Tri Rahayu

Rahayu, Evi Tri (2013) Peningkatan kemampuan menulis narasi melalui model pembelajaran literasi fokus menulis di kelas IV SDN Sutojayan 1 Kabupaten Blitar / Evi Tri Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model pembelajaran literasi menulis narasi SD Berdasarkan hasil observasi permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Sutojayan 1 Kabupaten Blitar diketahui banyak siswa yang mengalami kesulitan ketika belajar menulis karangan. Analisa hasil evaluasi awal menunjukkan bahwa terdapat 10 siswa (34 4%) kelas IV SDN Sutojayan 1 belum dapat menulis karangan sampai selesai dengan waktu yang disediakan. Terdapat 11 siswa (37 9%) yang mengalami kesalahan dalam menulis paragraf huruf besar penggunaan kata-kata dan struktur kalimat. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran menulis karangan yang berorientasi pada model pembelajaran literasi fokus menulis untuk sekolah dasar dan mendeskripsikan adanya peningkatan kemampuan menulis narasi di SDN Sutojayan 1 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (action research) yang dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus-1 dan siklus-2 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sutojayan 1 yang berjumlah 29 siswa. Perbedaan penerapan siklus-1 dan 2 pada saat perevisian pada siklus-1 dilaksanakan secara individu tetapi da siklus-2 dilaksanakan secara berkelompok. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama yaitu sebagai pelaksana pewawan cara dan pengumpul data. Peneliti juga bertindak sebagai perencana tindakan yaitu membuat rancangan pembelajaran dan pelaksana kegiatan pembelajaran. Penerapan siklu-1 dan siklus-2 melalui 4 kegiatan pembelajaran antara lain (1) Penemuan informasi penting (2) penyusunan draf karangan (3) perevisian karangan dan pengeditan karangan (4) pemilihan karangan terbaik dan pemajangan karangan. Hasil penerapan model pembelajaran literasi fokus menulis menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan dengan melalui model literasi fokus menulis siswa mampu menulis paragraf dengan tepat menulis huruf besar dengan benar dan dapat menulis tanda baca dengan tepat. Ketuntasan siswapun mengalami peningkatan pada kegiatan pra tindakan ketuntasan siswa 66% siklus-1 ketuntasan siswa 74%. Dan pada siklus-2 ketuntasan siswa 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran literasi fokus menulis mampu meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa meskipun harus dibimbing dengan pertanyaan untuk membantu pengembangan karangan siswa. Hal tersebut dikarenakan siswa kelas IV masih mengalami kesulitan dalam hal menentukan kerangka karangan dan pengembangan karangan. Berdasarkan kesimpulan tersebut guru hendaknya menggunakan LKS dengan pertanyaan yang dapat membimbing siswa untuk membangun pemahamannya terhadap karangan yang dibacanya. Selain itu untuk sekolah hendaknya memperbanyak literatur buku untuk belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104736

Actions (login required)

View Item View Item