Penerapan media kartu domino dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI di SDN Ketawanggede 2 Kota Malang / Dian Hapriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media kartu domino dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI di SDN Ketawanggede 2 Kota Malang / Dian Hapriani

Hapriani, Dian (2013) Penerapan media kartu domino dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI di SDN Ketawanggede 2 Kota Malang / Dian Hapriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media kartu domino aktivitas dan hasil belajar IPS SD Salah satu cara pemecahan masalah rendahnya kualitas pembelajaran IPS di SD adalah dengan menggunakan media yang tepat. Penerapan media kartu domino pada pembelajaran IPS siswa kelas VI SDN Ketawanggede 2 Kota Malang dapat menjadi solusi peningkatan aktivitas dan belajar siswa dimana sebelumnya didapati beberapa permasalahan seperti rendahnya nilai ulangan formatif rendahnya motivasi belajar siswa dan sulitnya mencari media yang sesuai dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media kartu domino penerapan media kartu domino dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penerapan media kartu domino dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas VI SDN Ketawanggede 2 Kota Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart (dalam Akbar) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan yang meliputi perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi tindakan dan refleksi hasil tindakan. Tehnik pengumpulan data penilaian ini adalah Observasi Wawancara Tes dan Dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan mulai bulan Oktober sampai dengan bulan November 2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Ketawanggede 2 Malang yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penerapan media kartu domino pada pembelajaran IPS Kelas VI di SDN Ketawanggede 2 Kota Malang dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa dengan perolehan rata-rata nilai aktivitas siswa siklus I dan siklus II meningkat dari 79 50 menjadi 84 33. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa siklus I dan siklus II meningkat dari 77 20 menjadi 83 20. Ketuntasan klasikal yang dicapai pada siklus I dan II juga mengalami peningkatan dari 60% menjadi 80%. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa penerapan media kartu domino dapat memotivasi siswa serta meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran IPS Kelas VI di SDN Ketawanggede 2 Kota Malang. Saran penelitian adalah sebaiknya dalam setiap pembelajaran guru selalu mengunakan media yang sesuai dengan pembelajaran sehingga dapat memotivasi siswa untuk selalu semangat dalam belajar sebaiknya guru selalu memaksimalkan aktivitas pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi bermakna serta sebaiknya guru selalu memberikan bimbingan dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa sehingga akan diperoleh hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104735

Actions (login required)

View Item View Item