Analisis LKS PKn kelas V semester 1 di sekolah dasar segugus 6 Kecamatan Sukun Kota Malang / Devi Ermawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis LKS PKn kelas V semester 1 di sekolah dasar segugus 6 Kecamatan Sukun Kota Malang / Devi Ermawati

Ermawati, Devi (2013) Analisis LKS PKn kelas V semester 1 di sekolah dasar segugus 6 Kecamatan Sukun Kota Malang / Devi Ermawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Analisis LKS Kesesuaian materi isi penilaian PKn SD Lembar Kegiatan Siswa (LKS) merupakan salah satu media yang diimplementasikan untuk dapat menggantikan peran guru dalam pembelajaran. Oleh karena itu LKS harus berisi proses bimbingan bagi siswa. LKS PKn yang beredar disekolah selama ini belum tentu memiliki kualifikasi sebagai LKS yang yang baik. Oleh karena itu perlu diadakan analisis untuk mengetahui kualitas LKS. Dalam penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut (1) Mendeskripsikan kesesuaian materi LKS PKn dengan kurikulum 2006 (KTSP) (2) Mendeskripsikan kesesuaian isi LKS berdasarkan syarat didaktik konstruksi dan teknis (3) Mendeskripsikan kesesuaian soal-soal LKS PKn pada ranah kognitif afektif dan psikomotor berdasarkan Taksonomi Bloom Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah LKS Cendekia Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V Semester 1 karangan Tim KKPS dan Tim KKG Kota Malang. Data hasil analisis dikumpulkan menggunakan instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesesuaian materi dari 1 SK dan 5 KD dijabarkan menjadi 20 Indikator tetapi hanya 9 indikator pembelajaran yang sesuai (2) kesesuaian isi dengan syarat didaktik konstruksi dan teknis terdapat 23 syarat yang harus terpenuhi tetapi hanya 9 syarat yang sesuai (3) kesesuaian soal dengan taksonomi Bloom terdapat 373 butir soal sebanyak 321 butir soal termasuk dalam ranah kognitif 52 butir soal ranah afektif sedangkan soal ranah psikomotor tidak ada. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan (1) materi yang terdapat dalam LKS kurang sesuai dengan standar isi pada kurikulum 2006 (KTSP) (2) isi LKS tidak sesuai dengan syarat didaktik konstruksi dan teknis (3) soal yang terdapat dalam LKS lebih banyak pada soal ranah kognitif pada ranah afektif sedikit sedangkan pada ranah psikomotor tidak ada. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) sebelum mempergunakan LKS guru dapat menelaah LKS terlebih dahulu selain itu guru hendaknya membuat LKS sendiri sehingga LKS yang digunakan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki siswa (2) penulis LKS hendaknya melakukan revisi mengenai materi isi maupun soal yang terdapat dalam LKS (3) peneliti lain hendaknya dapat meneliti LKS PKn sesuai dengan kurikulum syarat LKS yang baik kesesuaian soal berdasarkan taksonomi Bloom pada materi kelas dan LKS yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104734

Actions (login required)

View Item View Item