Penggunaan media kartu simbol untuk penguasaan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV di SDN Tulungrejo 02 Ngantang Malang / Fifia Nofita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media kartu simbol untuk penguasaan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV di SDN Tulungrejo 02 Ngantang Malang / Fifia Nofita Sari

Sari, Fifia Nofita (2013) Penggunaan media kartu simbol untuk penguasaan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV di SDN Tulungrejo 02 Ngantang Malang / Fifia Nofita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media kartu simbol penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SDN Tulungrejo 02 yang berdasarkan hasil tes penjajakan sebelumnya ditemukan bahwa kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV kurang. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes tersebut siswa banyak melakukan kesalahan pada soal tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Selain itu dari hasil tes pra tindakan (pretes) kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat diperoleh nilai rata-rata sebesar 52 81. Dari siswa kelas IV yang banyaknya 27 anak 23 siswa belum tuntas belajar dan memperoleh nilai di bawah KKM dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 14 81%. Hasil ini masih jauh dari persentase ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu 8805 70%. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media kartu simbol untuk penguasaan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN Tulungrejo 02 Ngantang (2) mendeskripsikan penguasaan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN Tulungrejo 02 Ngantang setelah dibelajarkan dengan media kartu simbol. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Tulungrejo 02 Ngantang sebanyak 27 siswa. Data dikumpulkan melalui tes wawancara observasi angket dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media kartu simbol dapat meningkatkan penguasaan siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Dari hasil evalusi/tes kemampuan siswa diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata kelas telah meningkat dari pretes ke siklus 1 dan siklus 2. Hasil nilai rata-rata kelas pada saat pretes yaitu 52 81 atau 52 81% meningkat menjadi 80 57 atau 80 57% pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 82 96 atau 82 96% pada siklus 2. Dengan peningkatan dari pretes ke siklus 1 sebesar 27 76% dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 2 39%. Berdasarkan hasil penelitian ini pembelajaran dengan menggunakan media kartu simbol dapat dipertimbangkan sebagai alternatif media pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104732

Actions (login required)

View Item View Item