Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VB SDN Percobaan I Kota Malang / Nike Fatma Ristantia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VB SDN Percobaan I Kota Malang / Nike Fatma Ristantia

Ristantia, Nike Fatma (2013) Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VB SDN Percobaan I Kota Malang / Nike Fatma Ristantia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci penerapan model pembelajaran Make A Match aktivitas belajar hasil belajar IPS SD Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini ditunjukkan dari nilai UAS semester gasal yang hanya memperoleh ketuntasan klasikal 48%. 58% hasil belajar siswa kelas VB SDN Percobaan I Kota Malang belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran IPS yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model Make A Match pada siswa kelas VB SDN Percobaan I Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Sedangkan jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan secara bersiklus dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Percobaan I Kota Malang yang berjumlah 42 siswa. Terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara Dokumentasi catatan lapangan dan tes. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas VB SDN Percobaan I Kota Malang. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 82 dengan persentase ketuntasan klasikal 81% meningkat pada siklus II nilai rata-rata menjadi 93 dengan persentase ketuntasan klasikal 84%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76 dengan persentase ketuntasan klasikal 81% dan meningkat pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal 82 dengam persentase ketuntasan klasikal 91%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Disarankan bagi guru yang ingin meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dapat menggunakan model Make A Match. Bagi guru yang ingin menggunakan model ini hendaknya harus membuat kartu yang lebih banyak untuk mengantisipasi hilangnya kartu dan membuat siswa tidak bisa melanjutkan pembelajaran dengan menggunakan model Make A Match.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104730

Actions (login required)

View Item View Item