Students' strategies in solving speaking difficulties / Jeni Tumimbang - Repositori Universitas Negeri Malang

Students' strategies in solving speaking difficulties / Jeni Tumimbang

Tumimbang, Jeni (2019) Students' strategies in solving speaking difficulties / Jeni Tumimbang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii RINGKASAN Tumimbang Jeni. 2018. Strategi Siswa dalam Menyelesaikan Kesulitan Berbicara. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Penasihat 1) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd. M.Ed. 2) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Kata Kunci Berbicara Masalah Berbicara Strategi Siswa. Di sekolah menengah atas di Indonesia bahasa Inggris diajarkan sebagai subjek untuk mengembangkan kompetensi bahasa siswa. Hal ini dipelajari oleh siswa agar dapat dimanfaatkan dalam komunikasi. Kemampuan berkomunikasi termasuk kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris adalah penting karena memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan orang lain. Namun banyak lulusan dari sekolah menengah di Indonesia tidak dapat berbicara dengan baik bahkan untuk memperkenalkan diri. Oleh karena itu banyak sekolah termasuk SMKN 3 Malang melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memberikan lebih banyak kesempatan bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Sayangnya mereka tidak melakukannya itulah sebabnya mereka mengalami kesulitan dalam menyampaikan ide mereka dalam berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan Apa kesulitan yang dihadapi oleh siswa Dan apa strategi mereka dalam menyelesaikan kesulitan berbicara mereka Pendekatan penelitian adalah deskriptif kualitatif karena menggambarkan fakta-fakta yang berhubungan dengan proses situasi dan jalannya peristiwa yang terjadi di alam. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 3 Malang. Sebagai instrumen penelitian peneliti menggunakan lembar observasi kuesioner dan panduan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan yang terjadi dalam pembelajaran berbicara disebabkan oleh empat faktor (1) kurangnya pengetahuan tentang bahasa target (2) penghambatan (3) pengaruh bahasa ibu dan (4) partisipasi rendah. Pertama kurangnya pengetahuan tentang bahasa target terjadi karena siswa tidak menguasai empat elemen bahasa Inggris yaitu kosakata tata bahasa pelafalan dan kelancaran. Kedua para siswa dihambat karena mereka khawatir tentang melakukan kesalahan takut kritik dan pemalu. Ketiga bahasa ibu ada karena para siswa beralih ke bahasa ibu mereka selama proses pembelajaran untuk membuat maknanya dipahami. Dan yang terakhir adalah siswa menghindari topik yang tidak menarik dan juga malas untuk berpartisipasi karena kelas terlalu berisik. Untuk mengatasi kesulitan berbicara para siswa menggunakan beberapa strategi komunikasi. Strategi yang digunakan oleh siswa adalah (1) pengabaian pesan (2) penghindaran topik (3) pendekatan (4) menggunakan cara nonlinguistik (5) penerjemahan harfiah dan (6) banding untuk bantuan. Untuk meminimalkan kesulitan siswa guru disarankan untuk mendiagnosis kesulitan dalam berbicara siswa dan mengajarkan beberapa strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan ini. Selain itu guru dapat mengekspos siswa dan menarik perhatian mereka ke berbagai strategi komunikasi. Peneliti masa depan disarankan untuk melakukan penyelidikan lebih mendalam tentang kesulitan dan strategi siswa yang dapat mereka gunakan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan ini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10473

Actions (login required)

View Item View Item