Pemanfaatan media pembelajaran IPS kelas V di SDN se-kecamatan Blimbing Kota Malang / Endro Adi Susilo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media pembelajaran IPS kelas V di SDN se-kecamatan Blimbing Kota Malang / Endro Adi Susilo

Susilo, Endro Adi (2013) Pemanfaatan media pembelajaran IPS kelas V di SDN se-kecamatan Blimbing Kota Malang / Endro Adi Susilo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adi Susilo Endro. 2013. Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS Kelas V Semester 1 dan 2 di SDN Se-kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Nur Hanifah M.Pd. (2) Dra. Harti Kartini M.Pd. Kata kunci Media pembelajaran IPS SD 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal di SDN Bunulrejo 1 dan SDN Bunulrejo 5 ditemukan bahwa di sekolah sudah tersedia banyak media akan tetapi media yang tersedia banyak yang berdebu hal ini menimbulkan kesan media tersebut sudah lama tidak dimanfaatkan oleh guru. Selain itu guru lebih banyak menggunakan buku paket dan LKS sebagai sumber belajar. Hal tersebut mengakibatkan siswa pasif padahal peran media dalam pembelajaran IPS sangat membantu siswa untuk mempermudah pemahaman materi yang diberikan guru dan media yang tersedia disekolah belum dimanfaatkan secara optimal. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis media yang dimanfaatkan guru mendeskripsikan pengetahuan guru tentang pemanfaatan media kendala yang dihadapi guru dan usaha guru dalam mengatasi kendala. Penelitian terbatas pada guru kelas V di SDN Se-kecamatan Blimbing Kota Malang pada pelajaran IPS semester 1 dan 2 tahun pelajaran 2012/2013. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu area probability sampling. Prosedur pengumpulan data meliputi 1) persiapan 2) pelaksanaan 3) pengolahan dan analisis data 4) penulisan laporan dengan mendeskripsikan hasil penelitian yang telah dilakukan. Data dikumpulkan dengan teknik angket tertutup. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dimanfaatkan oleh guru antara lain buku ajar/buku teks 12 guru (88%) papan tulis 16 guru (64%) gambar 16 guru (62%) poster 15 guru (59%) globe 12 guru (48%) foto 12 guru (48%) atlas 11 guru (46%) dan peta 11 guru (46%). Seluruh guru telah memahami kegunaan dan manfaat media pembelajaran dapat memilih media yang tepat dan sesuai dengan materi serta guru dapat memahami kriteria pemilihan dan prosedur dalam penggunaan media pembelajaran. Kendala yang dihadapi yaitu sebagian guru menyatakan media yang tersedia sudah tidak layak pakai/rusak dan terbatasnya kemampuan guru dalam pembuatan media. Sedangkan usaha guru dalam mengatasi kendala yaitu membuat media yang sederhana dengan bekerjasama dengan guru IPS juga guru lain dan meminjam media di sekolah lain. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa diantara media yang selalu dimanfaatkan guru dalam pembelajaran adalah papan tulis buku teks gambar dan poster. Sedangkan media yang kadang-kadang dimanfaatkan adalah globe peta atlas dan foto. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru-guru di SDN se-kecamatan Blimbing untuk lebih memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media dan sumber belajar dan guru diharapkan lebih kreatif untuk menciptakan media sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104729

Actions (login required)

View Item View Item