Pengembangan soal evaluasi interaktif mata pelajaran IPA materi hubungan makhluk hidup dengan lingkungan kelas IV sekolah dasar / Ertoha Tag - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan soal evaluasi interaktif mata pelajaran IPA materi hubungan makhluk hidup dengan lingkungan kelas IV sekolah dasar / Ertoha Tag

Tag, Ertoha (2013) Pengembangan soal evaluasi interaktif mata pelajaran IPA materi hubungan makhluk hidup dengan lingkungan kelas IV sekolah dasar / Ertoha Tag. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tag Ertoha. 2013. Pengembangan Soal Evaluasi Interaktif Mata Pelajaran IPA Materi Hubungan Makhluk Hidup dengan Lingkungan Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sukamti M.Pd (2) Dra. Harti Kartini M.Pd Kata Kunci pengembangan soal evaluasi interaktif 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan ditemukan fakta bahwa dari evaluasi hasil belajar berupa tes tulis yang selama ini dilakukan siswa merasa kurang tertarik terhadap jenis evaluasi tersebut. Dari soal mengenai ketidak-tertarikan siswa dengan pilihan jawaban evaluasi tugas dan kegiatan pembelajar-an ditemukan sejumlah 48 28% siswa menyatakan kurang tertarik terhadap evaluasi hasil belajar berupa tes tulis 37 93% kurang tertarik terhadap tugas-tugas dan 13 79% siswa menyatakan kurang tertarik terhadap pembelajaran yang selama ini dilakukan. Data ini didukung oleh pernyataan guru yang dituliskan dalam kuesioner bahwa evaluasi hasil belajar yang selama ini dilakukan berupa tes tulis. Permasalahan yang ada disini adalah tentang usaha menciptakan suasana evaluasi hasil belajar yang menarik sehingga menumbuhkan ketertarikan bagi siswa. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini mengambil fokus pengembangan dari bentuk tes tulis ke dalam bentuk interaktif berbasis komputer yang diharapkan dapat menjadi suatu pembaharuan dalam hal penyajian soal evaluasi yang menarik dengan mempertimbangkan kemenarikan dan kemudahan dalam pengoperasian produk. 12288 12288 12288 12288 Penelitian untuk menghasilkan produk ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall dengan langkah yang meliputi langkah-langkah pengembangan dan langkah-langkah validasi produk. Langkah-langkah yang diterapkan dalam penelitian ini meliputi analisis kebutuhan pengembangan produk awal yang dilanjutkan dengan uji validitas produk uji coba produk dan revisi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data validasi produk oleh ahli pembelajaran IPA SD diperoleh rata-rata persentase validitas 86 67% dan ahli media 84 8%. Ber-dasarkan data ini maka produk dinyatakan telah layak secara teoritik digunakan sebagai salah satu bentuk evaluasi di pada kelas IV SD. Dari hasil uji coba dengan menggunakan 12 siswa diperoleh persentase 84 82%. Data persentase di atas menunjukkan bahwa produk soal evaluasi interaktif ini memiliki tingkat validitas yang tinggi dengan kriteria kelayakan layak tanpa revisi. Berdasarkan hasil analisis data ini diperoleh kesimpulan bahwa produk sudah layak secara praktik sebagai salah satu bentuk soal evaluasi hasil belajar. Saran-saran yang diajukan berdasarkan kajian produk ini meliputi saran pemanfaatan saran diseminasi dan saran pengembangan lebih lanjut. Saran pemanfaatan yang diajukan yaitu hendaknya produk dimanfaatkan dengan menggunakan komputer yang memenuhi spesifikasi minimal. Saran diseminasi yaitu ditinjau dari kelebihan produk guru dan pemerintah hendaknya beralih ke soal evaluasi interaktif. Saran pengembangan lebih lanjut yaitu untuk peneliti selanjutnya supaya mengembangkan produk yang masih offline menjadi online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104726

Actions (login required)

View Item View Item