Siswanti, Retno Setyo (2013) Problematika guru dalam pembelajaran IPA berbasis eksperimen di kelas tinggi sekolah dasar se-gugus VII Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Retno Setyo Siswanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Problematika Pembelajaran IPA Eksperimen. Eksperimen merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari IPA. Melalui eksperimen seluruh potensi siswa bisa dikembangkan secara optimal. Dari hasil observasi diperoleh temuan bahwa guru belum melakukan kegiatan eksperimen pada materi yang seharusnya dilakukan eksperimen. Hal ini disebabkan guru mengalami problematika saat membuat perencanaan pelaksanaan maupun saat melakukan penilaian aktivitas siswa selama melakukan eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan (1) Proses pembelajaran IPA di kelas tinggi (2) Problematika guru saat membuat perencanaan pembelajaran IPA berbasis eksperimen (3) Pelaksanaan dan (4) Saat melakukan evaluasi dalam pembelajaran IPA berbasis eksperimen di kelas tinggi SDN Se-Gugus VII. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam merencanakan pembelajaran IPA berbasis eksperimen sebagian besar guru di SDN Se-Gugus VII Kecamatan Lawang Kabupaten Malang mengalami kesulitan dalam hal merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar dengan tuntutan eksperimen guru juga mengalami kesulitan merancang penilaian untuk kegiatan eksperimen. Pada pelaksanaan guru mengalami problematika dalam membuat LKS dan pemilihan media serta pengelolaan siswa maupun waktu yang digunakan untuk eksperimen. Saat pelaksanaan evaluasi guru kesulitan dalam melakukan penilaian proses ketika siswa melakukan keterampilan pada kegiatan eksperimen. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kegiatan eksperimen di kelas tinggi masih jarang dilakukan karena guru mengalami problematika dalam hal membuat perencanaan pelaksanaan dan saat melakukan penilaian. Untuk itu disarankan bagi UPTD dan Kepala Sekolah melakukan pelatihan yang berbasis eksperimen secara berkala. Guru dapat mengoptimalkan ketrampilannya untuk kegiatan eksperimen melalui diskusi dalam kegiatan KKG.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |