Peningkatan hasil belajar menyelesaikan soal cerita melalui penerapan model pembelajaran role play pada siswa kelas I SDN Tulungrejo 02 Ngantang Malang / Ayu Firdausi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar menyelesaikan soal cerita melalui penerapan model pembelajaran role play pada siswa kelas I SDN Tulungrejo 02 Ngantang Malang / Ayu Firdausi

Firdausi, Ayu (2013) Peningkatan hasil belajar menyelesaikan soal cerita melalui penerapan model pembelajaran role play pada siswa kelas I SDN Tulungrejo 02 Ngantang Malang / Ayu Firdausi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Soal cerita Role play Model role play adalah langkah-langkah dalam mengorganisasikan pengalaman belajar melalui memerankan tokoh yang ada pada suatu cerita yang bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami suatu cerita. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti pada pembelajaran Matematika di kelas I SDN Tulungrejo 02 Ngantang Malang aktivitas pembelajaran masih didominasi oleh guru dan siswa tidak diberi kesempatan untuk mennggali informasi berkaitan dengan materi pelajaran. Hasil belajar siswa pada materi menyelesaikan soal cerita rendah. Diperoleh data rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 51 58 dengan ketuntasan klasikalnya hanya mencapai 15 79% sedangkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang ditetapkan yaitu 75. Agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menyelesaikan soal cerita perlu diadakan perbaikan dengan menerapkan model role play. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran role play untuk meningkatkan hasil belajar soal cerita di kelas I SDN Tulungrejo 02 dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menyelesaikan soal cerita di kelas I SDN Tulungrejo 02 setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran role play. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian tindakan kelas ini menggunakan model kolaboratif partisipatoris. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik tes observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa soal tes pedoman wawancara guru dan siswa serta kamera. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model role play dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Hal ini ditunjukkan dari perolehan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 65 79 dengan ketuntasan klasikal mencapai 52 63% dan pada siklus II yaitu 86 94 dengan ketuntasan klasikal mencapai 94 44%. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran role play dapat meningkatkan hasil belajar menyelesaikan soal cerita pada siswa kelas I SDN Tulungrejo 02 Ngantang. Hasil penelitian ini memiliki saran agar model role play dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104723

Actions (login required)

View Item View Item