Kusumawati, Ahmida Triyuliana (2013) Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui strategi Language Experience Approach (LEA) pada siswa kelas III SDN Pringu Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang / Ahmida Triyuliana Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Triyuliana Kusumawati Ahmida . 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi melalui Strategi Language Experience Approach (LEA) pada Siswa Kelas III SDN Pringu Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan KSDP S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (2) Drs. A. Badawi M.Pd Kata Kunci strategi Language Experience Approach (LEA) keterampilan menulis SD. Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan narasi di kelas III SDN Pringu Kabupaten Malang diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan antara lain (1) pembelajaran masih berpusat pada guru (2) kurangnya keterampilan siswa untuk mengembangkan ide dalam mengarang (3) dalam pembelajaran guru hanya mengacu pada LKS (4) hasil nilai dalam menulis karangan masih rendah. Untuk itu perlu diterapkan strategi pembelajaran yang baru agar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Salah satu strategi pembelajaran yang sesuai adalah strategi LEA yaitu strategi dalam pembelajaran menulis yang berbasis pengalaman siswa dalam menggunakan bahasanya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup penerapan strategi LEA yaitu peningkatan keterampilan menulis setelah menggunakan strategi LEA. Dengan menerapkan strategi LEA diharapkan siswa akan mampu mengahasilkan sebuah karya berupa karangan yang sesuai dengan pengalaman berbahasa siswa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis Taggart. Langkah Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi refleksi dan rencana perbaikan. Adapun pendekatan penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Pringu Kabupaten Malang dengan jumlah siswa 25 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan penerapan strategi LEA menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi siswa secara klasikal terjadi peningkatan. Persentase ketuntasan belajar sebesar 8% pada observasi awal meningkat menjadi 36 4% pada siklus-1 dan mengalami peningkatan lagi pada siklus-2 sebesar 95 83%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan penerapan strategi LEA dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Pringu Kabupaten Malang. Disarankan agar guru dapat menerapkan strategi LEA karena dengan menggunakan strategi LEA akan membuat siswa lebih tertarik dan termotivasi dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104722 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |