Penerapan media permainan monopoli untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen Kota Malang / Rizki Dini Indiarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media permainan monopoli untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen Kota Malang / Rizki Dini Indiarti

Indiarti, Rizki Dini (2013) Penerapan media permainan monopoli untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen Kota Malang / Rizki Dini Indiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indiarti Rizki Dini. 2013. Penerapan Media Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IVB SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Nur Hanifah M. Pd (II) Dra. Hj. Sri Sugiharti M. Pd. Kata Kunci Media Monopoli Aktivitas Hasil Belajar IPS SD. 12288 12288 12288 12288 Kualitas proses belajar mengajar merupakan kunci keberhasilan tercapainya tujuan pendidikan. Berbagai inovasi terhadap komponen-komponen pembelajaran terus diupayakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Namun konsep IPS yang bersifat abstrak semakin membosankan karena tidak adanya media yang menarik bagi siswa. Hal ini menyebabkan kurangnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran IPS sehingga siswa cenderung pasif selama pembelajaran dan hasil belajar yang dicapai kurang optimal. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan media permainan monopoli pada pembelajaran IPS materi Aktivitas Ekonomi di kelas IVB SDN Bareng I (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Aktivitas Ekonomi di kelas IVB SDN Bareng I melalui media permainan monopoli (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Aktivitas Ekonomi di kelas IVB SDN Bareng I melalui media permainan monopoli. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Siklus I dilakukan selama dua kali pertemuan sedangkan siklus II dilakukan satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Bareng I Kecamatan Klojen Kota Malang. Instrumen yang digunakan yaitu 1) pedoman observasi 2) pedoman wawancara 3) dokumentasi dan 4) tes. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan media permainan monopoli pada materi Aktivitas Ekonomi dapat berjalan sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran modifikasi STAD (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan yang ditunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam menjawab dan pengumpulan tugas perhatian dan konsentrasi serta kerja sama dalam bermain monopoli dan (3) hasil belajar siswa pada materi Aktivitas Ekonomi sudah baik dan mengalami peningkatan dari pra tindakan siklus I dan siklus II yaitu pada pra tindakan nilai rata-rata siswa hanya 61 3 sedangkan siklus I meningkat menjadi 71 03. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat lagi sebesar 84 3 dan termasuk kategori B (baik). Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan media permainan monopoli dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada materi Aktivitas Ekonomi siswa kelas IVB SDN Bareng I Kecamatan Klojen Kota Malang. Diharapkan guru lebih inovatif dalam menggunakan media terutama dalam bentuk permainan agar pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104721

Actions (login required)

View Item View Item