Implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Gadang 2 Kota Malang / Zainal Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Gadang 2 Kota Malang / Zainal Arifin

Arifin, Zainal (2013) Implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Gadang 2 Kota Malang / Zainal Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendidikan karakter dan Pembiasaan Perilaku kurang baik di SDN Gadang 2 diantaranya mencuri uang temannya merokok di kamar mandi mencorat-coret bangku membuang sampah sembarangan mengolok-olok orang tua temannya. Untuk menanggulagi prilaku yang kurang baik itu SDN Gadang 2 mengimplementasikan nilai pendidikan karakter melalui pembiasaan secara terprogram rutin maupun spontan. Fokus penelitian ini untuk mendiskripsikan penerapan nilai pendidikan karakter yang diutamakan di SDN Gadang 2 kota Malang dan bentuk implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Gadang 2 kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi serta untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh dua simpulan. Pertama ada tiga nilai pendidikan karakter yang diutamakan di SDN Gadang 2 yaitu religius displin dan peduli lingkungan. Kedua implementasi nilai pendidikan karakter melalui pembiasaan dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu pembiasaan terprogram pembiasaan rutin dan Pembiasaan spontan. Implementasi nilai religius melalui pembiasaan terprogram yaitu Israk Mi raj Pondok Ramadhan dan Hari Raya Qurban. Implementasi nilai religius melalui pembiasaan rutin yaitu pembiasaan berdoa bersama sebelum dimulainya pelajaran membaca Asmaul Husna bersama-sama berdoa bersama sebelum pulang sekolah dan Amal Jum at. Implementasi nilai religius melalui pembiasaan spontan yaitu mendoakan teman keluarga teman dan guru yang mengalami cobaan atau musibah. Implementasi nilai disiplin melalui pembiasaan terprogram yaitu upacara bendera setiap hari senin dan SKJ. Implementasi nilai disiplin melalui pembiasaan rutin yaitu berbaris sebelum masuk kelas dan bersalaman kepada guru sebelum masuk kelas. Implementasi nilai peduli lingkungan melalui pembiasaan rutin yaitu piket sesuai jadwal dan membuang sampah pada tempat sampah. Implementasi nilai peduli lingkungan melalui pembiasaan spontan yaitu memungut sampah dan membuang sampah pada tempatnya dan kerja bakti sesuai perintah yang diberikan. Secara umum hasil pengamatan dan wawancara dengan guru maupun siswa nilai karakter religius disiplin dan peduli lingkungan siswa menjadi lebih baik. Contohnya dengan peringatan Israk Mi raj siswa lebih mengerti makna shalat dan lebih rajin shalat. Melalui upacara setiap hari senin siswa lebih disiplin dan tertib serta dengan kebiasaan membuang sampah siswa menjadi lebih peduli pentingnya kebersihan lingkungan dan kesehatan. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan ini dilaksakanan secara konsisten dan berkelanjutan dan hendaknya guru menjadi suri tauladan bagi siswa-siswinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104720

Actions (login required)

View Item View Item