Sulistyoningrum, Neni (2013) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Bangsri 01 Kabupaten Blitar melalui penerapan model discovery / Neni Sulistyoningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci aktivitas belajar hasil belajar IPA Model Discovery Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan di kelas V SDN Bangsri 01 Kabupaten Blitar guru menjelaskan materi yang diambil dari buku teks tanpa ada kesempatan siswa untuk membentuk pengetahuannya sendiri. Aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran tergolong rendah hal ini terlihat dari rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran. Siswa tampak pasif selama mengikuti pembelajaran kurang aktif di kelas. Mereka cenderung untuk mendengar mencatat mengerjakan tugas sesekali menjawab pertanyaan guru secara bersama-sama. Dengan pembelajaran yang seperti itu diperoleh data tentang hasil belajar siswa belum optimal yaitu masih banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil ulangan harian menunjukkan siswa hanya mencapai rata-rata 64 94 dan hanya ada 6 siswa (33%) dari 18 siswa yang mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Bangsri 01 melalui penerapan model Discovery. 2) Mendeskripsikan aktivitas belajar IPA siswa kelas V SDN Bangsri 01 melalui penerapan model Discovery. 3) Mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Bangsri 01 melalui penerapan model Discovery pada kompetensi dasar mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Bangsri 01. Kompetensi dasar mendeskripsikan sifat-sifat cahaya . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery dapat meningkatkan pembelajaran IPA dengan kompetensi dasar mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. Penerapan model Discovery berturut-turut dari siklus I dan II memperoleh nilai 80 dan 98 34. Aktivitas belajar siswa dalam belajar IPA meningkat ketika diterapkan model Discovery pada sikus I dan II memperoleh nilai rata-rata 65 08 dan 85 69. Hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkan model Discovery. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan ketuntasan belajar siswa dari 61 15 pada siklus I menjadi 88 89 pada siklus II. Kenaikan ketuntasan belajar sebesar 27 74 dibanding siklus I. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 67 41 pada siklus I menjadi 80 58 pada siklus II. Kenaikan rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 13 17. Berdasarkan hasil penelian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Bangsri 01 Kabupaten Blitar untuk itu disarankan agar guru menerapkan model Discovery dalam pembelajaran IPA dengan materi sifat-sifat cahaya yang lebih diperdalam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104718 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |