Improving writing ability by using a combined strategy at Junior High Students / Yusni Irfan

Irfan, Yusni (2019) Improving writing ability by using a combined strategy at Junior High Students / Yusni Irfan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Irfan, Yusni. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menulis dengan Menggunakan Sebuah Strategi Gabungan pada Siswa SMP. Skripsi S1. Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Nur Mukminatien, M.Pd, (II) Prof. Dr. H. Mohammad Adnan Latief, M.A., Ph.D. Kata Kunci: keterampilan menulis, strategi gabungan dan siswa SMP. Menulis merupakan salah satu keterampilan produktif dalam pembelajaran bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh siswa selain kemampuan berbicara. Siswa dituntut untuk memiliki kemampuan menulis yang baik karena menulis merupakan cara untuk menyampaikan ide dalam bentuk tulisan. Berdasarkan permasalahan yang diidentifikasi pada saat studi pendahuluan, kemampuan menulis siswa tergolong masih rendah. Kualitas karangan siswa tidak mengandung beberapa aspek karangan yang baik dimana meliputi kejelasan isi, organisasi, perbendaharaan kata, dan mekanis. Terkait dengan masalah tersebut, maka sebuah strategi dalam bentuk skenario pembelajaran diciptakan guna meningkatkan kemampuan menulis siswa. Strategi tersebut merupakan sebuah gabungan dari pembelajaran penemuan, pendekatan saintifik, dan video YouTube online. Penelitian ini bertujuan guna meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan strategi gabungan tersebut. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang prosesnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 11 Malang dengan melibatkan 32 siswa kelas 9-B sebagai subjek. Instrumen yang digunakan antara lain lembar tugas menulis, rubrik penilaian, dan catatan lapangan. Penerapan strategi gabungan meliputi beberapa tahap sebagai berikut. (1) guru menayangkan sebuah video. (2) siswa ditugaskan untuk menulis sebuah karangan berdasarkan topic yang ditentukan. (3) guru memberikan umpan balik kepada siswa. Pada pertemuan terakhir, sebuah tes menulis individu diberikan kepada siswa untuk mengukur peningkatan siswa setelah penerapan strategi. Hasil penelitian ini menunjukkan keberhasilan strategi gabungan dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Keseluruhan peningkatan dilihat dari pencapaian menulis siswa dan laporan catatan lapangan. Nilai rata-rata siswa pada pertemuan terakhir mencapai 81.83, dengan standar ketuntasan minimal adalah 75. Kualitas karangan siswa tegolong baik karena mencapai nilai 3.59 pada aspek isi, 3.43 pada aspek organisasi, 3.03 pada aspek perbendaharaan kata, dan 3.00 pada aspek mekanis dari rentang skor 1 sampai 4. Laporan catatan lapangan menunjukkan siswa memahami secara jelas dan termotivasi dalam pembelajaran dengan menonton video YouTube. Di sisi lain, siswa berpartisipasi aktif dalam kelas dengan mengikuti tahapan dari pembelajaran penemuan dan pendekatan saintifik. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi gabungan berhasil membantu guru dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Sebagai hasilnya, penelitian ini diharapkan menjadi rujukan untuk guru bahasa Inggris dan peneliti yang akan datang dengan menggunakan media atau model yang sama untuk pengajaran dan/atau untuk jenis penelitian lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10471

Actions (login required)

View Item View Item