Peningkatan aktivitas dan hasil; belajar siswa IPS kelas IV melalui penggunaan media ular tangga di SDN Kebonduren 02 Ponggok Blityar / Reny Tria Juliawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil; belajar siswa IPS kelas IV melalui penggunaan media ular tangga di SDN Kebonduren 02 Ponggok Blityar / Reny Tria Juliawati

Juliawati, Reny Tria (2013) Peningkatan aktivitas dan hasil; belajar siswa IPS kelas IV melalui penggunaan media ular tangga di SDN Kebonduren 02 Ponggok Blityar / Reny Tria Juliawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Ular tangga aktivitas belajar hasil belajar IPS. Pada hasil observasi awal yang dilakukan di kelas IV SDN Kebonduren 02 peneliti dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran IPS masih belum berjalan dengan maksimal. Hal ini disebabkan bahwa guru kurang bervariatif dalam pembelajaran pembelajaran hanya saja menggunakan metode ceramah yang membuat peserta didik merasa bosan dengan pembelajaran yang dilakukan guru. Pada observasi yang dilakukan guru menyuruh peserta didik untuk membaca buku paket dan mengerjakan soal yang ada di buku tersebut. Penelitian ini bertujuan agar dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Media ular tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 atau lebih. Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah tangga atau ular yang menghubungkannya dengan kotak lain. Kelebihan dalam penggunakan media ular tangga adalah dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik. Sedangkan kelemahannya adalah jumlah waktu yang terbatas dalam setiap kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah metode ceramah tanya jawab yang dilakukan guru terhadap peserta didik. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Tanggart yang terdiri dari 2 siklus dengan 1 siklus 2 kali pertemuan subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SDN Kebonduren 02 Ponggok Blitar. Tahap dalam penelitian ini adalah (1) Perencanaan (2) Tindakan dan Pengamatan (3) Observasi dan penialaian (4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS materi Koperasi dengan menggunakan media ular tangga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Pada pembelajaran ini hasil yang didapat pada pra tindakan adalah 64% dan siklus 1 adalah 66% ada peningkatan sedangkan pada siklus II adalah 76% jadi pada hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 10%. Pada aktivitas belajar peserta didik siklus I adalah 66% sedangkan pada siklus II adalah 85% maka pada aktivitas peserta didik ini mengalami peningkatan sebesar 19%. Pada proses pembelajaran tersebut mengalami peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Dalam pembelajaran IPS guru sebaiknya selalu menggunakan media pembelajaran supaya peserta didik tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran. Media ular tangga di dalam pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.saran yang diberikan kepada penelitian ini adalah agar guru dalam proses pembelajaran tetap menerapkan media ular tangga khususnya dalam pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104705

Actions (login required)

View Item View Item