Penerapan model pembelajaran team assisted individualization untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Candirenggo IV Singosari Malang / Rijfa Hadita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran team assisted individualization untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Candirenggo IV Singosari Malang / Rijfa Hadita

Hadita, Rijfa (2013) Penerapan model pembelajaran team assisted individualization untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Candirenggo IV Singosari Malang / Rijfa Hadita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran model TAI aktivitas hasil belajar PKn SD Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan dengan guru dan siswa SDN Candirenggo IV Singosari Malang tanggal 7 Desember 2012 diketahui bahwa (1) sebagian besar proses pembelajarannya masih didominasi oleh guru dan siswa cenderung pasif (2) metode yang digunakan guru masih bersivat konvensional (3) pengelompokan siswa berdasarkan pilihan sendiri (4) aktivitas siswa hanya didominasi 8 siswa yang aktif saja sedangkan yang lain mengerjakan hal lain (5) kurangnya pemanfaatan media dan hasil belajar PKn pada semester ganjil hanya 10 siswa yang mampu mencapai SKM dari 21 siswa di kelas. Dengan mengacu pada tujuan penelitian yaitu (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran TAI (2) peningkatan hasil belajar siswa (3) peningkatan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklusdengan menggunakan siklus yang dikembangkan oleh kemmis dan Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Candirenggo IV Singosari Malang pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 21 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) telah terlaksana dengan baik hal ini terbukti dari hasil penelitian berupa keberhasilan tindakan guru pada siklus I sebesar 85 5% dan keberhasilan menyusun RPP sebesar 80% pada siklus II meningkat untuk keberhasilan tindakan guru menjadi 96% dan keberhasilan guru menyusun RPP menjadi 94%. Aktivitas siswa pada siklus I 66 76% meningkat pada siklus II menjadi 83 61%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63 35% meningkat pada siklus II menjadi 87 38%. Berdasarkan pembahasan bahwa keberhasilan dalam penerapan model pembelajaran TAI telah diimbangi dengan teori yang ada. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan proses pembelajaran dikelas aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan simpulan penelitian dikemukakan beberapa saran yaitu hendaknya guru menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam proses pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pembelajaran agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104703

Actions (login required)

View Item View Item