Penerapan media gambar dengan power point untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Bunulrejo 5 Kota Malang / Kadarno - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media gambar dengan power point untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Bunulrejo 5 Kota Malang / Kadarno

Kadarno (2013) Penerapan media gambar dengan power point untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Bunulrejo 5 Kota Malang / Kadarno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media Gambar Power Point Aktivitas Hasil Belajar IPS Berdasarkan pengamatan secara sederhana proses pembelajaran yang dilakukan guru masih secara komunikasi searah sehinga siswa pasif keberanian bertanya menjawab menyapaikan pendapat dan berdiskusi tidak bisa dilakukan dengan maksimal. Sehingga hasil belajar belum sesuai dengan KKM yang telah ditentukan sekolah. Salah satu pembelajaran yang bisa diterapkan dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah penerapan media gambar dengan power point dalam pembelajaran IPS. Media power point merupakan media yang bisa menampilkan gambar tulisan animasi sesuai aslinya. Proses penilaian diantaranya hasil tes akhir evaluasi dan aktivitas siswa dalam berdiskusi dan mempresentasikan hasil diskusi. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Bunulrejo 5 Kota Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang pelaksanaanya meliputi dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas V SDN Bunulrejo 5 Kota Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi pedoman wawancara dokumentasi berupa catatan lapangan dan data hasil belajar dari penilaian aktivitas siswa dalam bertanya menjawab pertanyaan diskusi kelompok dan menyampaikan hasil diskusi. Hasil penelitian dengan penerapan media gambar dengan power point di kelas V SDN Bunulrejo 5 menunjukan peningkatan dari aktivitas belajar siswa lebih aktif bertanya menjawab dan diskusi kelompok. Pada siklus I skor rata-rata yang diperoleh siswa pada aktivitas belajar siswa yang mencapai ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata 68.75. sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan 77.50% dengan skor rata-rata 76.28. Batas nilai ketuntasan adalah 70 untuk ketuntasan individu sedangkan 80 % untuk ketuntasan klasikal. Dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa juga meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan yang dapat diambil adalah pembelajaran dengan penerapan media gambar dengan power point dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa karena siswa dapat memahami dan menguasai materi keragaman kenampakan alam dan buatan. Dari hasil penelitian ini disarankan guru dalam pembelajaran IPS menggunakan media gambar dengan power point dalam proses pembelajaran. Dilakukan penilaian setiap aktivitas belajar yang dilakukan siswa untuk meningkatkan keaktifan siswa sedangkan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa di kelas guru harus memberi motivasi kepada seluruh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104701

Actions (login required)

View Item View Item