Pemanfaatan lingkungan sekitar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas III SDN I Sanggrahan Kabupaten Tulungagung / Bagus Cahya Mahardika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan lingkungan sekitar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas III SDN I Sanggrahan Kabupaten Tulungagung / Bagus Cahya Mahardika

Mahardika, Bagus Cahya (2013) Pemanfaatan lingkungan sekitar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas III SDN I Sanggrahan Kabupaten Tulungagung / Bagus Cahya Mahardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Lingkungan Sekitar Aktivitas Hasil belajar IPS SD Berdasarkan hasil observasi dengan guru kelas diketahui bahwa pembelajaran hanya berorientasi pada buku sebagai sumber belajar. Hal inilah yang menyebabkan siswa kurang antusias terhadap pembelajaran yang dilakukan yang akhirnya mempengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Guru IPS hendaknya tidak hanya berorientasi pada buku saja sebagai sumber belajar tetapi guru juga bisa menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sekitar pada mata pelajaran IPS (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui pemanfaatan lingkungan sekitar (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas III SDN I Sanggrahan Kabupaten Tulungagung melalui pemanfaatan lingkungan sekitar. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart . Langkah Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan dan observasi (3) refleksi dan (4) rencana perbaikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN I Sanggrahan kabupaten Tulungagung dengan jumlah siswa 32 anak. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus I siswa yang mendapat kriteria A mencapai 14 siswa dan pada siklus II sebanyak 28 siswa. (2) Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari pratindakan siklus I dan siklus II yaitu dari nilai rata-rata kelas pratindakan 69 31 dengan ketuntasan 56% meningkat menjadi 76 8 dan ketuntasan belajar 72% pada siklus I dan pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 87 48 dengan ketuntasan klasikal 91%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas III SDN I Sanggrahan Kabupaten Tulungagung. Disarankan agar guru dapat memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dan menciptakan variasi sumber belajar lain agar siswa tidak jenuh dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena hal ini terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104700

Actions (login required)

View Item View Item