Penerapan model Talking Stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDB Karangtgondang 01 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar / Levy Priambodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Talking Stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDB Karangtgondang 01 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar / Levy Priambodo

Priambodo, Levy (2013) Penerapan model Talking Stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDB Karangtgondang 01 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar / Levy Priambodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Priambodo Levy. 2013. Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Karanggondang 01 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Imron Rosyadi H.Sy S.Pd M.Pd. (2) Dra. Hj. Murtiningsih M.Pd. Kata kunci aktivitas hasil belajar IPS model Talking Stick 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SDN Karanggondang 01 diketahui bahwa siswa kurang begitu semangat saat mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas hal itu berdampak pada hasil belajar siswa yang rata-rata masih belum tuntas. Kondisi tersebut disebabkan oleh pemilihan model yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model model Talking Stick terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Karanggondang 01 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada Kemmis dan Mc.Taggart. Langkah-langkahnya yaitu rencana pelaksanaan pelaksanaan tindakan dan observasi refleksi serta rencana perbaikan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Karanggondang 01 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar dengan jumlah 24 orang siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Talking Stick pada mata pelajaran IPS kelas IV mampu meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa kelas IV. Pada siklus 1 persentase aktivitas siswa sebesar 58 5% kemudian meningkat di siklus 2 mencapai 77 6%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga meningkat pada pra tindakan persentase keberhasilan belajar hanya mencapai 46% kemudian pada siklus 1 persentase ketuntasan belajar meningkat sebesar 58 3%. Pada siklus 2 persentase keberhasilan belajar meningkat menjadi 83 3%. 12288 12288 12288 12288 Pembahasan pada penelitian ini yaitu membahas mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV. Aktivitas siswa kelas IV mengalami peningkatan secara bertahap hal ini didukung oleh pemakaian media pembelajaran yang interaktif dan pengggunaan metode yang bervariasi.Sedangkan hasil belajar siswa kelas IV juga mengalami peningkatan yang sangat baik hal tersebut dukung oleh pemanfaat media pembelajaran yang baik serta kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Karanggondang 01 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Disarankan agar guru kelas IV untuk menggunakan model pembelajaran saat kegiatan belajar-mengajar dengan tujuan agar aktivitas serta hasil belajar siswa dapat meningkat dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104698

Actions (login required)

View Item View Item