Pemanfaatan lingkungan literasi dalam menumbuhkan minat baca siswa SDN Semen 5 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Kurnia Lilin Pintanie Arty - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan lingkungan literasi dalam menumbuhkan minat baca siswa SDN Semen 5 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Kurnia Lilin Pintanie Arty

Arty, Kurnia Lilin Pintanie (2013) Pemanfaatan lingkungan literasi dalam menumbuhkan minat baca siswa SDN Semen 5 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Kurnia Lilin Pintanie Arty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci lingkungan literasi minat baca sekolah dasar Pendidikan ialah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi menjadi literate. Untuk menciptakan pelajar Sekolah Dasar yang literate diperlukan lingkungan literasi yang menunjang dalam mewujudkannya. Dalam lingkungan literasi kondisi belajar siswa diatur menjadi kondisi yang penuh dengan literatur sehingga kemampuan membaca siswa akan semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui profil lingkungan literasi di SDN Semen 5 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar 2) minat baca siswa di SDN Semen 5 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar 3) pemanfaatan lingkungan literasi dalam menumbuhkan minat baca siswa di SDN Semen 5 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara yang mendalam kuosioner dokumentasi dan observasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data (reduction data) penyajian data (display data) dan verifikasi data (conclution drawing). Sedangkan untuk menjaga keabsahan data dilakukan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa 1) Lingkungan literasi SDN Semen 5 memiliki aspek kelengkapan perpustakaan yaitu a) tujuan penyelenggaraan lingkungan literasi b) sarana dan prasarana lingkungan literasi c) struktur organisasi d) program dan pendanaan yang dilakukan lingkungan literasi SDN Semen 5 2) Minat baca siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang meliputi faktor intern dan ekstern yang meliputi motivasi sarana dan prasarana untuk menunjang minat siswa 3) Pemanfaatan lingkungan literasi dalam menumbuhkan kegemaran minat baca siswa SDN Semen 5 yaitu a) sebagai sarana untuk meningkatkan kegemaran dan kemampuan membaca b) sebagai sarana untuk melatih siswa belajar mandiri c) siswa dapat menyelesaikan tugas-tugas melalui bahan pustaka yang tersedia di lingkungan literasi d) Sarana untuk mengembangkan informasi dan pengetahuan siswa e) sebagai sarana rekreasi. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah Bagi kepala sekolah SDN Semen 5 yaitu perlu adanya upaya untuk meningkatkan pengembangan lingkungan literasi. Terutama dalam pengadaan dan pendanaan fasilitas. Bagi pengelola lingkungan literasi SDN Semen 5 yaitu perlu adanya perencanaan dan pelaksanaan program perpustakaan yang lebih baik dan variatif. Sehingga lingkungan literasi dapat dimanfaatkan secara optimal oleh siswa. ABSTRACT Arty Kurnia Lilin Pintanie. 2013. The Utilization of Literate Environment in Developing Reading Interests of Students of SDN Semen 5 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Thesis Department of Education and Pre-School Faculty of Education State University of Malang. Advisors (1) Drs. H. Thoha AR S.Pd M.Pd (II) Dra. Sudarsini M.Pd Key Words literate environment reading interest elementary school Education is a conscious and deliberate effort to create an atmosphere of learning and learning process that facilitates learners to develop their potentials to be literate. To create literate elementary school students it is necessary to create literate environment that support its realization. In literate environment in which students learning conditions are equipped with rich literary materials students reading abilities will increase. This research aims to 1) describe the profile of literate environment in SDN Semen 5 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar 2) describe reading interests of students of SDN Semen 5 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar 3) describe the utilization of literate environment in developing students reading interests in SDN Semen 5 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. The design of this study is descriptive-qualitative research. The data was collected from in-depth interview questionnaire documentation and observation. The data analysis was done through data reduction data display and drawing conclusions. To ensure the validity of the data extension of observation and triangulation were done. Based on the results of data analysis some conclusions are drawn as follow 1) Literate environment of SDN Semen 5 fulfils all aspects of complete library a) objectives of literate environment b) facilities and infrastructure of literate environment c) organizational structure d) programs and fund 2) Students reading interests are influenced by internal and external factors which include motivation facilities and infrastructure that support students reading hobbies 3) The utilization of literate environment to develop students reading interests in SDN Semen 5 serves a) as a facility to develop students reading interests and abilities b) as a facility to develop students autonomous learning c) students to be able to accomplish their tasks with the available literary materials d) as a facility to broaden students knowledge and information e) as a recreational facility. The results of this study suggest the headmaster of SDN Semen 5 to improve the quality of current literate environment particularly in procurement and funding of facilities. For the administrations of literate environment in SDN Semen 5 it is suggested to have better and more varied programs so that the literate environment can be used optimally by the students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104697

Actions (login required)

View Item View Item