Analisis butir soal ulangan akhir semester I kelas IV SD tahun ajaran 2012/2013 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Aninda Devi Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis butir soal ulangan akhir semester I kelas IV SD tahun ajaran 2012/2013 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Aninda Devi Putri

Putri, Aninda Devi (2013) Analisis butir soal ulangan akhir semester I kelas IV SD tahun ajaran 2012/2013 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Aninda Devi Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci soal UAS IPS analisis butir soal tingkat kesukaran daya beda dan variasi distribusi pola jawaban. Kualitas butir soal memegang posisi yang sangat penting dalam keseluruhan tes sehingga perlu diketahui kualitasnya sebelum digunakan sebagai instrumen pengukur hasil belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Malang diperoleh informasi bahwa soal UAS IPS di Kecamatan Sumber Pucung yang dibuat oleh tim kabupaten belum dianalisis sehingga tidak diketahui tingkat kesukaran daya beda maupun variasi distribusi pola jawabannya. Sehingga belum dapat diketahui kualitasnya sebagai alat pengukur keberhasilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tes dengan mendeskripsikan tingkat kesukaran daya beda dan variasi distribusi pola jawaban soal UAS SD kelas IV semester I tahun ajaran 2012/2013 mata pelajaran IPS di Kecamatan Sumber Pucung Kabupaten Malang. Evaluation research ini menggunakan populasi soal UAS yang disebarkan pada 847 siswa. Sampel persebaran siswa pengguna 212 (25%). Data yang digali melalui instrumen dokumentasi diolah dengan teknik analisis Ms. Excel 2010. Sedangkan studi pendahuluan menggunakan teknik wawancara. Analisis TK menunjukkan kualifikasi sulit 1 soal (3%) sedang 19 soal (54%) dan mudah 15 soal (43%) sehingga terlihat proporsi dan kriteria soal belum memenuhi syarat perbandingan 3-4-3 ataupun 3-5-2. Ditinjau dari daya beda diperoleh tidak ada soal dengan kategori baik sekali (0%) kategori baik 2 soal (6%) cukup 18 soal (51%) jelek 14 soal (40%) dan jelek sekali 1 soal (3%). Sedangkan variasi distribusi pola jawaban yang ada pada soal UAS IPS kurang baik. Omit tergolong baik (tidak melebihi batas maksimal omit yaitu 5% dari jumlah pemilih). Kesimpulan penelitian yang dilakukan yaitu secara keseluruhan tingkat kesukaran soal pembagian kualifikasi sulit sedang dan mudah masih belum sesuai dengan ketentuan. Daya beda soal memiliki kualifikasi cukup dengan persentase paling besar sehingga tergolong baik. Sedangkan variasi distribusi pola jawaban yang ada pada soal belum terdistribusi sesuai ketentuan. Dari hasil penelitian diajukan beberapa saran yaitu naskah UAS sebaiknya diujicobakan dan dianalisis terlebih dahulu sebelum digunakan soal dengan analisis tingkat kesukaran daya beda dan variasi distribusi pola jawaban yang baik dapat disimpan dan dijadikan acuan untuk membuat soal selanjutnya dan peneliti lain dapat mengembangkan penelitan ini dengan penelitian yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104695

Actions (login required)

View Item View Item