Ismawati, Rini (2013) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran berbasis masalah bagi siswa kelas V SDN Benowo I Surabaya / Rini Ismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil pengamatan di SDN Benowo I Surabaya kelas V pada mata pelajaran PKn diketahui siswa belum memenuhi ketuntasan belajar. Dari 41 siswa yang tuntas hanya 8 siswa. Hal ini disebabkan guru kurang menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Sehingga siswa bosan ramai tingkah laku kurang baik misalnya ketika guru menjelaskan siswa banyak yang ngomong sendiri. Dengan ini maka perlu perbaikan melalui model pembelajaran yang lebih bervariasi. Dalam hal ini peneliti menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan tujuan (1) Mendiskripsikan pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Benowo I Surabaya (2) Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Benowo I Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan desain penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Model penelitian ini adalah kolaboratif dimana penulis bertindak sebagai pelaksana atau guru kelas. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar pada kegiatan pra tindakan 19 5 % dan pada siklus I pertemuan pertama 26 82 % sehingga naik 7 32 %. Pada siklus I pertemuan kedua menjadi 41 46 yang sebelumnya pada siklus I pertemuan pertama 26 82 % sehingga mengalami peningkatan 14 64 %. Pada siklus II pertemuan pertama menjadi 78 05 yang sebelumnya pada siklus I pertemuan kedua 41 46 sehingga mengalami peningkatan 36 59 %. Serta pada siklus II pertemuan kedua 95 12 % yang sebelunya pada siklus II pertemuan pertama 78 05 dan mengalami peningkatan sebanyak 17 07 %. Dari jumlah siswa 41 yang belum tuntas sebanyak 2 siswa disebabkan karena siswa tersebut memang lambat belajar dan sering tidak focus dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa dari pra tindakan antara lain mendengarkan penjelasan guru dilanjutkan dengan tes evaluasi. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama diperoleh persentase sebanyak 54% dan pertemuan kedua naik menjadi 57%. Aktivitas siswa pada siklus II pertemuan pertama diperoleh persentase sebanyak 75 4% dan pertemuan kedua naik menjadi 79 2%. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah pada kelas V SDN Benowo I Surabaya dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104694 |
Actions (login required)
View Item |