Penerapan model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV di SDN Rampal Celaket 2 Kecamatan Klojen Kota Malang / Siti Mahmudah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV di SDN Rampal Celaket 2 Kecamatan Klojen Kota Malang / Siti Mahmudah

Mahmudah, Siti (2013) Penerapan model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV di SDN Rampal Celaket 2 Kecamatan Klojen Kota Malang / Siti Mahmudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Group Investigation Aktivitas Hasil Belajar IPS SD Berdasarkan observasi awal peneliti di SDN Rampal Celaket 2 Kota Malang membuktikan bahwa pembelajaran masih didominasi guru. Pembelajaran yang berpusat pada guru ini hanyalah mentransfer informasi dari guru ke siswa dan tidak ada proses mengalami bagi siswa sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Guru harus mempunyai metode yang tepat sehinngga membuat siswa mengalami proses belajar. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan beberapa hal yaitu (1) Mendeskripsikan penerapan model Group Investigation (GI) pada siswa kelas IV mata pelajaran IPS di SDN Rampal Celaket 2 Kota Malang. (2) Mendeskripsikan penerapan model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Rampal Celaket 2 Kota Malang. (3) Mendeskripsikan penerapan model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Rampal Celaket 2 Kota Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis PTK dengan model (Kemmis dan MC. Taggart dalam Sa dun Akbar 2010 10) dengan 2 siklus pembelajran. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVb SDN Rampal Celaket 2 kota Malang yang berjumlah 36 siswa. Data penelitian dilakukan dengan teknik observasi dokumentasi wawancara dan tes. Hasil penelitian pada penerapan model Group Investigation (GI) pada siswa kelas IVb mata pelajaran IPS di SDN Rampal Celaket 2 Kecamatan Klojen Kota Malang menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari data keberhasilan guru dalam pembelajaran dengan rata- rata nilai prosentase keberhasilan guru pada pra tindakan sebesar 58 33% siklus I sebesar 70 84% dan siklus II sebesar 87 5%. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pra tindakan sebesar 56% siklus I sebesar 68 75% dan pada siklus II sebesar 80 09%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari nilai rata- rata pretes 53 31 postes I sebesar 67 96 dan postes II sebesar 86 11. Dengan data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Rampal Celaket 2 Kecamatan Klojen Kota Malang. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru menggunakan model Group Investigation (GI) dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini hendaknya ditindaklanjuti agar semakin sempurna dan semakin berguna penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104690

Actions (login required)

View Item View Item