Goulap, Sabtu (2013) Peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran belajar aktif pada siswa kelas IV SDN Kauman 01 Kota Blitar / Sabtu goulap. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci hasil belajar IPS pendekatan belajar aktif. IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang mengkaji seperangkat pristiwa fakta konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Hasil observasi yang telah di lakukan di SDN Kauman 01 Kota Blitar pada mata pelajaran IPS diperoleh data bahwa siswa belum menguasai materi. Hal ini terlihat dari hasil belajar yang di peroleh siswa pada tes akhir pembelajaran hanya hanya 4 siswa (29%) sudah mencapai nilai diatas KKM dan 10 siswa (71%) masih dibwah KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlakukan suatu perbaikan pembelajara melalui penerapan pendekatan belajar aktif tujuan penelitian ini adalah 1) mendiskripsikan pendekatan aktif dalam pembelajaran IPS dan 2) mendidkripsikan peningkatan belajar IPS siswa kelas IV SDN Kauman 01 Kota Blitar. Metode penelitian yang dapat digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penulisan skripsi ini adalah peneliti tindak kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tiap sisklus di laksanakan sebagai tahapan sebagai berikut (1) penerapan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam observasi Studi komentar dan tes. Sedangkan istrumen penelitian yang di gunakan adalah lembar observasi lembar soal tes dan hasil tes Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peaksanaan pembelajaran melalaui pendekatan belajar aktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kauman 01 Kota Blitar yang di tunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar pada pratindakan. 56 28 siklus I 77 07 dapat di siklus II 85 80. Ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 28 57% siklis I sebesar 64 28% dan siklus 92 86% sementara yang beum tuntas setelah pelaksanaan siklus II ada satu siswa (7%) karena siswa yang bersangkutan begitu lancar dalam membaca. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melalalui pendekatan belajar aktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa menjadi lebih aktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |