Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran contextual ceahting and learning (ctl) di kelas IV SDN Kauman 01 Kota Blitar / Sawiyah Sarloy - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran contextual ceahting and learning (ctl) di kelas IV SDN Kauman 01 Kota Blitar / Sawiyah Sarloy

Sarloy, Sawiyah (2013) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran contextual ceahting and learning (ctl) di kelas IV SDN Kauman 01 Kota Blitar / Sawiyah Sarloy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran CTL hasil belajar IPS sekolah dasar. Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk membentuk siswa agar memiliki kemampuan dasar untuk berpikir kritis rasa ingin tahu menemukan memecahkan permasalahan dan memiliki keterampilan bekerjasama dalam kehidupan sosial. Selain itu siswa juga dituntut mampu berkomunikasi bekerjasama dan bersaing dengan sehat dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal nasional maupun global. Permasalahan yang terjadi di kelas IV SDN kauman 01 adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kerjasama siswa dalam belajar. Sehingga perlu adanya tindakan yang inovatif dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN kauman 01 yang mencakup pemahaman konsep dan kemampuan kerjasama antar siswa. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran model CTL terdiri atas lima komponen antara lain penyajian materi kerja kelompok turnamen rekornisi tim dan kuis/pos tes. Pembelajaran dilakasanam pada mata pelajaran IPS khususnya materi pokok kenampakan alam dan buatan di Indonesia. Rencana penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN kauman 01 kecamatan kabupaten blitar yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa yang merupakan pemahaman konsep IPS materi pokok kenampakan alam dan buatan di Indonesia secara klasikal mengalami peningkatan dari 38.71 % pada pra tindakan menjadi 65.52 % kemudian menjadi 93.33 % pada siklus II. Hasil belajar berupa keterampilan proses bekerjasama meningkat dari 58.62 % pada siklus I kemudian mengalami peningkatan menjadi 93.33 % pada siklus II. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah pembelajaran kooperatif model CTL diterapkan. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pembelajaran kooperatif dalam mengajarkan mata pelajaran IPS. Bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan metode atau pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104684

Actions (login required)

View Item View Item