Peningkatan kemampuan bercerita melaluimedia gambar seri di kelas III SDN 2 Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar / Fridolin Rahael - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan bercerita melaluimedia gambar seri di kelas III SDN 2 Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar / Fridolin Rahael

Rahael, Fridolin (2013) Peningkatan kemampuan bercerita melaluimedia gambar seri di kelas III SDN 2 Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar / Fridolin Rahael. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar bahasa indonesia media gambar seri Hasil pengamatan diperoleh masalah pembelajaran yang bersumber dari guru berupa penggunaan metode yang kurang bervariatif (ceramah) pembelajaran berpusat pada guru tidak adanya penggunaan media pembelajaran siswa terlihat keluar masuk ruang kelas siswa sibuk sendiri tanpa memerhatikan penjelasan guru. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Siswa yang tuntas sebanyak 9 dengan presentase 30% siswa yang tidak tuntas sebanyak 18 dengan presentase 70%. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran media gambar seri untuk meningkatkakan kemampuan bercerita dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus. Tahapan penyusunan rencana tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan batas ketuntasan individu 75% dan ketuntasan klasikal 80%. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang diperoleh siswa pra tindakan rata-ratanya 55 dengan persentase 55% siklus I pertemuan 1 rata-ratanya 67 dengan persentase 37% pertemuan 2 rata-ratanya 70 dengan persentase 56%. Siklus II pertemuan 1 rata-ratanya 75 dengan persentase 78% pertemuan 2 rata-ratanya 81 dengan persentase 89%. Dari siklus I sampai dengan siklus II mencapai peningkatan sebesar 12% dari 27 siswa yang tuntas 23 siswa dan yang belum tuntas 4 siswa Karena mereka dari keluarga yang broken home dan memiliki latar belakang keluarga yang tidak berpendidikan sehingga kurang perhatian dalam belajar selain itu motivasi dan keinginan untuk berprestasi kurang. Kesimpulannya bahwa dengan menerapkan media gambar seri pada pembelajaran bahasa indonesia dapat meningkatkan kemampuan bercerita Disarankan guru hendaknya menerapkan media gambar seri pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104683

Actions (login required)

View Item View Item