Mas'ulah, Sri (2013) Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) kelas V SDN Dilem 01 Kepanjen Kabupaten Malang / Sri Mas'ulah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci model pembelajaran TGT keaktifan dan hasil belajar IPS SD Hasil observasi awal yang dilakukan di kelas V SDN Dilem 01 Kepanjen bahwa pembelajaran IPS kurang diminati siswa. Hal itu disebabkan karena siswa merasa materi IPS banyak dan sulit. Selain itu guru menyampaikan pembelajaran secara monoton yaitu siswa mendengarkan penjelasan guru kemudian mengerjakan soal dan dilakukan pembahasan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Teams games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Teams games Tournament (TGT) adalah model pembelajaran yang memberikan permainan dan kompetisi belajar setiap tim. Kelebihan dari model pembelajaran ini adalah siswa dapat terlibat secara langsung serta banyak mengalami interaksi dengan banyak teman. Sedangkan kelemahan dari model pembelajaran ini adalah membutuhkan waktu yang banyak dan pengaturan tempat duduk yang sulit. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Dilem 01 Kepanjen. Tahap dalam penelitian ini (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi dan Penilaian (4) Refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) wawancara (2) pedoman observasi guru dan siswa (3) soal tes dan (4) dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Keaktifan belajar siswa meningkat pada siklus I pertemuan 1 mencapai 76% dan pertemuan 2 meningkat menjadai 80%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 meningkat lagi menjadi 83% dan pertemuan 2 meningkat hingga 90%. Hasil belajar juga mengalami peningkatan rata-rata kelas dari pra tindakan rata-rata kelas 58 4 mengalami kenaikan pada siklus I pertemuan 1 menjadi 68 5 dan pertemuan 2 mencapai 79 6. Sedangkan pada siklus II rata-rata kelas lebih meningkat lagi pertemuan 1 menapai 87 8 dan pertemuan 2 hingga mencapai 91 9. Dalam pembelajaran IPS sebaiknya guru selalu menerapkan model pembelajaran agar pembelajaran menarik dan bermakna bagi siswa sehingga siswa tidak merasa jenuh dan bosan. Hendaknya guru menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |