Peningkatan keterampilan menyimak siswa melalui penerapan pendekatan integratif di kelas V SD Negeri Tanggung I Kota Blitar / Juleth Juni Astuti Gardjalay - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menyimak siswa melalui penerapan pendekatan integratif di kelas V SD Negeri Tanggung I Kota Blitar / Juleth Juni Astuti Gardjalay

Gardjalay, Juleth Juni Astuti (2013) Peningkatan keterampilan menyimak siswa melalui penerapan pendekatan integratif di kelas V SD Negeri Tanggung I Kota Blitar / Juleth Juni Astuti Gardjalay. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menyimak Pendekatan Integratif Hasil observasi pendahuluan yang dilakukan di SD Negeri Tanggung I. Pada tahap tersebut menunjukan bahwa (1) guru masih menggunakan metode konvensional pembelajaran sehingga siswa bosan dan malas untuk menyimak cerita yang diperdengarkan dan (2) media yang digunakan guru kurang menarik. Berkaitan dengan hal tersebut maka dilakukan penelitian mengenai peningkatan keterampilan menyimak siswa melalui penerapan pendekatan integratif pada siswa kelas V. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Data penelitian yang berupa keterampilan menyimak siswa dengan materi mendengarkan cerita. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam teknik observasi berupa instrumen lembar observasi aktivitas guru instrumen lembar pengamatan proses sikap menyimak siswa dan instrumen lembar penilaian keterampilan menyimak siswa. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap mereduksi menyajikan data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan integratif dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Tanggung I Kota Blitar. Hasil penelitian menyatakan bahwa keterampilan menyimak siswa kelas V SD Negeri Tanggung I sangat baik. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata kelas 55. Siswa yang tuntas belajar pada tahap pratindakan sebanyak 5 siswa (23%) dan siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 17 siswa (77%). Pada pelaksanaan pembelajaran siklus I nilai rata-rata kelas menjadi menjadi 67. Jumlah siswa yang tuntas 15 siswa (68%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 siswa (32%). Pada pelaksanaan pembelajaran siklus II nilai rata-rata kelas yang dicapai adalah 77. Siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (82%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa (18%). Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan integratif terbukti dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V SD Negeri Tanggung I. Oleh karena itu disarankan dalam upaya meningkatkan keterampilan menyimak siswa guru menggunakan media yang variatif dan mampu menerapkan pendekatan integratif dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104678

Actions (login required)

View Item View Item