Waferjawan, Halifa (2013) Peningkatan pembelajaran IPS melalui model Think Pair Share di kelas Vb SDN Bendo 2 Kota Blitar / Halifa Waferjawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci ilmu pengetahuan sosial hasil belajar Think Pair Share Observasi yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran IPS di kelas Vb SDN Bendo 2 Kota Blitar menemukan hasil bahwa kegiatan pembelajaran hanya berpusat pada guru dan siswa kurang aktif. Akibat hasil belajar IPS rendah yaitu dari 27 siswa hanya 13 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM. Untuk itu diperlukan perbaikan pada pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Medeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share pada pembelajaran IPS (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas Vb SDN Bendo 2 Kota Blitar Tahun Pelajaran 2012-2013. Data diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dan hasil tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Model Pembelajaran Think Pair Share pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata keaktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama adalah 59 70 pertemuan kedua adalah 76 55. pada siklus II pertemuan pertama adalah 72 pada pertemuan kedua adalah 81. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat mulai dari siklus I yaitu 22 siswa mencapai nilai diatas KKM dan pada siklus II sebanyak 27 siswa mecapai nilai diatas KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS di Kelas Vb SDN Bendo 2 Kota Blitar. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104675 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |