Peningkatan keterampilan menulis melalui menulis narasi dengan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar / Bakri Benamen - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis melalui menulis narasi dengan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar / Bakri Benamen

Benamen, Bakri (2013) Peningkatan keterampilan menulis melalui menulis narasi dengan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar / Bakri Benamen. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan menulis melalui menulis narasi model pembelajaran cooperative intergrated reading and composition. Berdasarkan studi pendahuluan ada beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis narasi di SDN Turi 02 Kota Blitar antara lain (1) pelaksanaan pembelajaran menulis dilakukan dengan menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung sedangkan aktivitas untuk menulis sesuai karangan/ cerita tidak pernah diterapkan (2) model pembelajaran bersifat satu arah guru yang aktif dan siswa pasif (3) guru hanya terfokus pada pencapaian target materi tanpa memperhatikan perkembangan kompetensi siswa dalam menulis narasi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition di kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar (2) untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis narasi siswa di kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah IV SDN Turi 02 Kota Blitar semester II tahun pelajaran 2011/2012. Waktu dan lama penelitian dimulai dari 18 Juni 2012 sampai 28 Juni 2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah adalah analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan siswa menulis narasi dengan penerapan model pembelajaran CIRC di kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar yaitu pada nilai proses nilai rata-rata siswa pada pratindakan sebesar 44 siklus I sebesar 72 dan siklus II sebesar 92. Pada nilai rata-rata kelompok pratindakan siswa belum dibentuk dalam kelompok pada siklus I sebesar 77 dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 85. Presentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat yaitu pada pratindakan sebesar 29% siklus I sebesar 83% dan siklus II sebesar 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan menulis narasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi guru hendaknya menyajikan kegiatan pembelajaran yang kooperatif dan menyenangkan sehingga tidak membosankan siswa. Guru hendaknya kreatif dalam memotivasi siswa untuk lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104674

Actions (login required)

View Item View Item