Peningkatan hasil belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing siswa kelas IV SDN Kauman 01 Kota Blitar / Adriana Sersian - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing siswa kelas IV SDN Kauman 01 Kota Blitar / Adriana Sersian

Sersian, Adriana (2013) Peningkatan hasil belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing siswa kelas IV SDN Kauman 01 Kota Blitar / Adriana Sersian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar model snowball throwing pkn sd Hasil observasi hasil belajar siswa kelas IV SDN Kauman 01 kota blitar pada mata pelajaran PKn diperoleh hasil bahwa pada belajar siswa mencapai rat-rata 53 38. Terdapat 5 siswa (25 81%) yang mencapai ketuntasan individu sedangkan 9 siswa (74 19%) belum mencapai ketuntasan yang telah ditetapkan sebesar 70% tercapai disebabkan oleh guru menggunakan metode ceramah monoton siswa bosan seehingga diadakan penelitian dengan tujuan (1) Mendiskripsikan penerapan model pembelajara snowball throwing (2) Mendiskripsikan hasil belajar dengan model pembelajara snowball throwing. Penelitian ini menggunakan desain penelitian PTK dengan menggnakan model pembelajaran siklus. Tiapa siklus mempunyai empat tahap 1) perencanaan. 2) pelaksanaan. 3) observasi 4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kauman 01 Kota Blitar yang terdiri atas 14 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal tes lembar observasi dan dokumentasi (guru dan siswa) analisis data ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dengan model snowball throwing menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I mengalami peningkatan siswa yang tuntas sebanyak 8 (57 14%). Pada siklus II meningkat lagi yaitu siswa yang tuntas sebanyak 14 (100%) siswa sedangkan aktifitas belajar mengalami peningkatan pra tindakan ke siklus I adalah 15% sedangkan dari siklus I 89% dan siklus II adalah 100 % sudah sangat baik dan 100% sudah melewati target yg diharapkan yaitu 70%. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat menunjukan aktivitas dan hasil belajar siswa yang meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104671

Actions (login required)

View Item View Item