Peningkatan hasil belajar perkalian melalui model pembelajaran Learning Cycle 5E di kelas IV SDN Bendo Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar / Ester Merchie Duarkossu - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar perkalian melalui model pembelajaran Learning Cycle 5E di kelas IV SDN Bendo Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar / Ester Merchie Duarkossu

Duarkossu, Ester Merchie (2013) Peningkatan hasil belajar perkalian melalui model pembelajaran Learning Cycle 5E di kelas IV SDN Bendo Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar / Ester Merchie Duarkossu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil Belajar Perkalian Model Learning Cycle 5E. Pembelajaran matematika di SDN Bendo 2 Kecamatan KepanjenKidul Kota Blitar terdapat siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM. Hal ini Dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang dapat tuntas hanya 41% atau ketuntasan sejumlah 15 dari 37 siswa. Sedangkan yang mengalami ketidaktuntasan belajar sebanyak 59 46% atau sebanyak 22 siswa dari 37 siswa. Secara klasikal belum dapat dikatakan tuntas belajar karena siswa yang memperoleh nilai 70 keatas hanya 41% lebih kecil dari ketuntasan kelas yang ditetapkan sebesar 75%. Berkaitan dengan hal tersebut maka pembelajaran tentang materi perkalian dapat dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif bagi siswa SD tersebut yaitu dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E. model tersebut dipilih karena diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi perkalian siswa kelas IV SDN Bendo 2. Tujuan dari penelitian ini (1) Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E pada siswa kelas IV di SDN Bendo 2 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Bendo 2 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer dan rekan mahasiswa sebagai pengambil foto dalam proses pembelajaran perkalian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi perkalian di kelas IV SDN Bendo 2 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat baik juga. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siswa pada siklus I sebesar 41% menjadi 89% pada siklus II. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 49%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E yang dilaksanakan dengan sangat baik dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran perkalian siswa kelas IV SDN Bendo 2 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar dengan sangat baik pula. Untuk itu guru hendaknya menerapkan model yang inovatif seperti model Learning Cycle 5E agar siswa lebih aktif dan senang dalam mengikuti pembelajaran serta hasil belajar siswa dapat meningkat sehingga kualitas pembelajaran dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104670

Actions (login required)

View Item View Item