Peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model group investigation bagi siswa kelas V SDN Tanggung 01 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Tabita Laelaem - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model group investigation bagi siswa kelas V SDN Tanggung 01 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Tabita Laelaem

Laelaem, Tabita (2013) Peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model group investigation bagi siswa kelas V SDN Tanggung 01 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Tabita Laelaem. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar IPS model group investigasi Hasil observasi yang peneliti lakukan di SDN Tanggung 01 Kota Blitar di dapatkan kenyataan bahwa keberhasilan siswa dalam pembelajaraan IPS di kelas V masih terdapat kekurangan. Kekurangannya terletak dari guru dalam pembelajarannya cenderung menggunakan metode ceramah. Hal ini membuat siswa kurang aktif dan pembelajaran tidak optimal berdampak pada hasil belajar siswa yang masih dibawah nilai ketuntasan dari jumlah siswa 32 yang tuntas 7 siswa yang belum tuntas 25 orang. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model group investigasi dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model group investigasi. Penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas dengan analisis data deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi tes dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus sesuai dengan alur penelitian PTK yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian mengatakan bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 69 15 termasuk kategori (rendah) dan pertemuan 2 yaitu 75 93 dan pada siklus II pertemuan 1 yaitu 72 30 dan pertemuan kedua 82 73 kategori (tinggi) dan hasil belajar siswa siklus I pertemuan 1 60 39 termasuk kategori (rendah) dan pertemuan 2 hasil belajar siswa 70 65 termasuk kategori(cukup). Pelaksanaan tindakan siklus I pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 meningkat sebesar (10 26%). sedangkan siklus II pertemuan 1 hasil belajar siswa 72 79 termasuk kategori(cukup) dan pertemuan 2 mencapai 78 37 termasuk kategori(tinggi). Pelaksanaan tindakan siklus II pertemuan 1 dan 2 mengalami peningkatan sebesar (5 58%). Kesimpulannya bahwa dengan menerapkan model group investigasi pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mengenal tari-tarian yang ada di Indonesia siswa kelas V SDN Tanggung 01 Kota Blitar. Disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran lainnya sehingga akan meningkatkan mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104669

Actions (login required)

View Item View Item