Peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran cooperative gorup investigation pada siswa kelas IV SDN Tanggung 02 Kota Blitar / Agustinus Gardjalay - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran cooperative gorup investigation pada siswa kelas IV SDN Tanggung 02 Kota Blitar / Agustinus Gardjalay

Gardjalay, Agustinus (2013) Peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran cooperative gorup investigation pada siswa kelas IV SDN Tanggung 02 Kota Blitar / Agustinus Gardjalay. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci cooverative group investigation hasil belajar pembelajaran IPS sekolah dasar Penelitian mengambil judul tersebut diatas berdasarkan beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS di SDN Tanggung 02 Kota Blitar antara lain (1) pelaksanaan pembelajaran terlalau banyak menggunakan metode ceramah (2) metode pembelajaran bersifat satu arah (3) pembelajaran IPS membosankan bagi siswa (4) kurangnya pemanfaatan saran dan prasarana sekolah (5) belum tercapai tujuan pembelajaran IPS (6) nilai siswa sangat rendah pada setiap ulangan semester. Hasil belajar siswa pada pra tindakan 10 16% siklus I pert.1 prosentase hasil belajar siswa mengalami penurunan yaitu mencapai 64 26% hal ini disebabkan siswa belum mengenal metode Group Investigation yang sedan digunakan. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan kedua yaitu mencapai 73 67%. Pada siklus II pertmuan hasil belajar siswa meningkat secara singnifikasi hingga mencapai 76.80%. sedangkan padakhir siklus II pertemuan kedua hasil belajar siswa mencapai 79 60% sedangkan prosentase siswa yang berhasil dalam pembelajaran mencapai 93% hasil penilaian yang telah digunakan diperoleh hasil belajar siswa dalam masing-masing siklus. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Cooverative Group Investigatiaon dapat meningkatkan proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari 15 siswa yang belajar ada 3 siswa belum mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan siswa tersebut mengalami lambat belajar ( slow learner). Berdasarkan penilaian ini disarankan agar guru memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif menarik dan komonikatif agar siswa lebih kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104666

Actions (login required)

View Item View Item