Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Irma Sermaf - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Irma Sermaf

Sermaf, Irma (2013) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Irma Sermaf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar pembelajaran matematika model pembelajaran problem based learning. Hasil observasi pendahuluan pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN Tanggung 2 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika masih rendah. Penyebab hal tersebut adalah guru belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik matematika guru dalam menyampaikan materi tidak menggunakan media pembelajaran siswa hanya menyimak ceramah dari guru membaca materi yang ada pada buku paket matematika dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru guru dalam menyampaikan materi tidak menggunakan media pembelajaran dan siswa hanya belajar secara klasikal. Berkaitan dengan kondisi tersebut perlu dilaksanakan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran matematika pada tahap pratindakan (2) penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam pembelajaran matematika (3) penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa yang terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi lembar tes wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika (1) pada tahap pratindakan dilaksanakan dengan cukup baik (65%) (2) pada siklus I pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 2 dilaksanakan dengan baik (78%) baik (83 33%) (2) pada siklus II pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 2 dilaksanakan dengan baik (89%) sangat baik (94 44%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan yaitu pada siklus I pertemuan 1 meningkat 13% dari pratindakan pertemuan 2 meningkat 5 33% dari pertemuan 1. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat 6%dari pertemuan 2 siklus I pertemuan 2 meningkat 5 44% dari pertemuan 1. Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika (1) pada tahap pratindakan sangat kurang baik (52%) (2) pada siklus I pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 2 cukup baik (63%) baik (70%) (2) pada siklus II pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 2 baik (72 56%) sangat baik (87%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) mengalami peningkatan yaitu pada siklus I pertemuan 1 meningkat 11% dari pratindakan pertemuan 2 meningkat 7% dari pertemuan 1. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat 2 56% dari pertemuan 2 siklus I pertemuan 2 meningkat 14 44% dari pertemuan 1. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) dilakukan dengan sangat baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini guru disarankan untuk (1) menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (2) menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKS) media pembelajaran dan (3) sabar membimbing siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104662

Actions (login required)

View Item View Item