Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode diskusi pada siswa kelas V SDN Kauman 01 Kota Blitar / Dina Erfia Gamarbobir - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode diskusi pada siswa kelas V SDN Kauman 01 Kota Blitar / Dina Erfia Gamarbobir

Gamarbobir, Dina Erfia (2013) Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode diskusi pada siswa kelas V SDN Kauman 01 Kota Blitar / Dina Erfia Gamarbobir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan berbicara metode diskusi. Pembelajaran keterampilan berbicara kelas V SDN Kauman 01 Kecamatan KepanjenKidul Kota Blitar masih berpusat pada guru dengan menggunakan metode ceramah tentang keterampilan berbicara dan tidak ada media yang mendukung dan sesuai dengan materi yang ada. Hal ini menjadi faktor kemampuan pembelajaran keterampilan berbicara siswa menjadi rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan 1) Bagaimanakah penerapan metode diskusi dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Kauman 01 Kota Blitar 2) Apakah metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Kauman 01 Kota Blitar Penelitian yang digunakan adalah penelitian keterampilan berbicara. Jenis Penelitian yang dipergunakan dalam keterampilan berbicara ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus .Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi tes wawancara dan dokumntasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbicara melalui metode diskusi dapat meningkatkan hasil keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Kauman 01 Kecamatan KepanjenKidul Kota Blitar yang tunjukan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 64% siklus I 68% dan siklus II 87%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran keterampilan berbicara melalui metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa serta meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Kauman 01 Kecamatan KepanjenKidul Kota Blitar oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan metode diskusi sebagai pembelajaran keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104661

Actions (login required)

View Item View Item