Pupupin, Salomi Aksamina (2013) Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran pada siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Salomi Aksamina Pupupin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci keterampilan berbicara metode bermain peran. Pada observasi awal diperoleh data bahwa pada saat pembelajaran guru masih menggunakan metode yang konversional. Selain itu dari data hasil belajar bahasa indonesia menunjukkan bahwa siswa belum terbiasa berbicara dengan lancar. Keterampilan berbicara siswa yang rendah ini pada umumnya siswa tidak terbiasa berbicara dengan pelafalan dan intonasi yang benar. Hal ini mengakibatkan 73% siswa tidak mencapai KKM yang di tetapkan yaitu 70. Berdasarkan masalah tersebut perlu diadakan penelitian yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kota Blitar (2) mendeskripsakan peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kota Blitar melalui bermain peran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode peneliti deskriptif kualitatif. Jenis peneliti yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam peneliti ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahap sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil peneliti ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pemeran tokoh drama melalui metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Tanggung 2 Kota Blitar yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 56 pada siklus I 68 dan siklus II 86. ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 28% siklus I sebesar 56% dan siklus II 82%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pemeran tokoh drama dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan agar guru menggunakan juga metode bermain peran karena selain dapat meningkatkan keterampailan berbicara juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104660 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |