Goulap, Masnawi (2013) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran murder di kelas IV SDN Turi I Kecamatan Sukorejo Kota Blitar / Masnawi Goulap. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Goulap Masnawi. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran MURDER di Kelas IV SDN TURI I Kecamatan sukorejo Kota Blitar Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Widayati MH (II) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd. Kata Kunci hasil belajar IPS MURDER Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran IPS kelas IV di SDN Turi 1 dketahui terdapat beberapa permasalahan antara lain (1) pembelajaran tidak di awali dengan apersepsi dan siswa tidak mendapat informasi materi serta informasi tujuan pembelajaran (2) siswa secara pasif menerima pengetahuan tanpa mengungkapkan pendapat (3) pembelajaran terkesan abstrak dan teoritis dan (4) guru belum memanfaatkan lingkungan sekitar atau media lainnya untuk menyampaikan materi. Permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Hanya ada 14 siswa (46 67%) yang tuntas belajar dan ada 16 siswa (50%) yang belum tuntas belajar. Dan belum mencapai standar ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan yaitu sebesar 70 %. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran MURDER dalam pembelajaran IPS dan untuk mengetahui apakah model pembelajran MURDER dapat meningkatkan hasil belajar IPS di Kelas IV SDN Turi 1Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara dokumentasi dan tes sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran MURDER pada pembelajaran IPS telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Turi 1. Hasil belajar siswa terus meningkat mulai dari pratindakan dengan ketuntasan belajar klasikal 46 67 % yang menjadi 63 63% pada siklus 1 pertemuan 1. Pada pertemuan 2 meningkat menjadi 50% dan pada pertemuan 3 mencapai 53 33%. Pada siklus 2 pertemuan 1 ketuntasan belajar klasikal sebesar 60% dan pertemuan 2 mencapai 80 %. Pembelajaran dinyatakan tuntas pada siklus 2 pertemuan 2 karena ketuntasan klasikal telah mencapai lebih dari 70 % yaitu sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran MURDER dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Turi 1 Kecamatan Sukorejo Kota Blitar dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN Turi 1 Kecamatan Sukorejo Kota Blitar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |