Penerapan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn di SDN Tanggung I Kota Blitar / Fransina Masela - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn di SDN Tanggung I Kota Blitar / Fransina Masela

Masela, Fransina (2013) Penerapan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn di SDN Tanggung I Kota Blitar / Fransina Masela. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar pkn problem based introduction (pbi) Penelitian ini bertolak dari hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan peneliti sehingga ditemukan adanya permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar dalam mata pelajaran PKn di SDN Tanggung 01 Kota Blitar khususnya kelas V. Salah satunya dapat dilihat dari LKS (Lembar Kerja Siswa) yang biasa digunakan siswa sebagai penuntun kegiatan untuk menguji konsep dalam buku atau informasi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan hasil belajar siswa kelas V dengan menerapkan problem based introduction (PBI) dalam mata pelajaran PKn di SDN Tanggung 01 Kota Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subyek dari penelitian ini adalah kelas V di SDN Tanggung 01 Kota Blitar dengan jumlah 22 siswa.Setiap siklus PTK terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara lembar laporan catatan lapangan soal tes angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase ketercapaian PBI dan hasil belajar siswa (ranah kognitif). Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan persentase pada hasil belajar setelah tindakan PBI dilakukan dari siklus I sampai siklus II. Persentase pada hasil karya siswa (laporan) mengalami peningkatan sebesar 5% dari siklus I sebesar 76% ke siklus II sebesar 81%. Hasil belajar siswa untuk ranah kognitif juga mengalami peningkatan sebesar 8 9%. Persentase hasil belajar pada siklus I sebesar 82% dan pada siklus II sebesar 90 90%. Daya serap klasikal siswa juga mengalami peningkatan sebesar 2 63%.Pada siklus I daya serap klasikal sebesar 83% dan siklus II sebesar 85 63%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa penggunaan model problem based introduction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Tanggung 01 Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104651

Actions (login required)

View Item View Item