Peningkatan keterampilan menulis melalui menulis surat resmi siswa kelas IV SDN Tanggung 01 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Lazarus P. Seldjatem - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis melalui menulis surat resmi siswa kelas IV SDN Tanggung 01 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Lazarus P. Seldjatem

Seldjatem, Lazarus P. (2013) Peningkatan keterampilan menulis melalui menulis surat resmi siswa kelas IV SDN Tanggung 01 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Lazarus P. Seldjatem. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menulis surat resmi peningkatan ketrampilan menulis surat resmi. Kenyataan di lapangan menunjukan bahwa siswa kelas IV SDN Tanggung 01 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar memiliki kemampuan menulis surat resmi yang rendah. Maka perlu diadakan penilitian untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah penilitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan peningkatan keterampilan menulis dalam pembelajaran menulis surat resmi siswa kelas IV SDN Tanggung 01 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar (2) Apakah peningkatan keterampilan menulis dapat meninkatkan keterampilan menulis surat resmi siswa kelas IV di SDN Tanggung 01 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar Metode penilitian yang digunakan adalah metode penilitian deskriptif kualitatif. Jenis penilitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK). Peningkatan yang di gunakan dalam penilitian ini adalah peningkatan kualitatif. Penilitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan (1) perencana (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4)refleksi. Sedankan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penilitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis surat resmi melalui peningkatan keterampilan menulis dapat meningkatkan hasil menulis surat resmi siswa kelas IV SDN Tanggung 01 yang ditunjukan dengan nilai rata-rata pada pra tindakan 65 siklus I 74 dan siklus II 84. Ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 20% siklus I sebesar 70% dan siklus II 100%. Berdasarkan hasil penilitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menulis surat resmi melalui peningkatan keterampilan menulis dapat meningkatkan hasil belajar menulis surat resmi siswa kelas IV SDN Tanggung 01 Kota Blitat. Oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan peningkatan keterampilan menulis dalam melaksanakan pembelajaran menulis surat resmi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104650

Actions (login required)

View Item View Item