Peningkatan hasil belajar PKN melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IV SDN Tanggung 01 Kota Blitar / Soleman Parsin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKN melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IV SDN Tanggung 01 Kota Blitar / Soleman Parsin

Parsin, Soleman (2013) Peningkatan hasil belajar PKN melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IV SDN Tanggung 01 Kota Blitar / Soleman Parsin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci peningkatan hasil belajar PKn pembelajaran berbasis masalah Pengamatan di SDN Tanggung 01 kelas IV pada mata pelajaran PKn siswa belum memahami cara dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Hail belajarnya rendah dari 27 siswa yang tuntas 23 siswa yang belum tuntas 4 siswa ini disebabkan oleh cara guru mengajar yang menoton ceramah sehingga siswa menjadi bosan perluh diadakan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis masalah pada kelas IV di SDN Tanggung 01 Kota Blitar. (2) Mendeskripsikan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Tanggung 01 Kota Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan desain penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian ini adalah kolaboratif dimana penulis bertindak sebagai pelaksana sekaligus pengamat dalam kegiatan belajar mengajar yang di bantu guru kelas. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan dalam memecahkan suatu masalah dan hasil belajar siswa. Rata-rata keterampilan dalam memecahkan masalah pada pra tindakan mencapai 11.4% dari 27 siswa meningkat menjadi 69.2% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 77 %. Sedangkan hasil belajar juga mengalami peningkatan. pada pra tindakan adalah 58.2 % meningkat menjadi 73.37 % pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 80.4 %. Sedangkan ketercapaian belajar secara klasikal pada pra tindakan 44 % meningkat menjadi 66.7 % dan pada siklus II meningkat menjadi 85.2 %. Yang tuntas 23 siswa yang belum tuntas 4 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah dan hasil belajar Pkn siswa kelas IV SDN Tanggung 01 Kota Blitar. Dalam membelajarkan siswa guru disarankan menciptakan pembelajaran dengan menghadirkan suatu permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104649

Actions (login required)

View Item View Item