Unwakoly, Mikha (2013) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran advokasi bagi siswa kelas III SDN Bendo 2 Kota Blitar / Mikha Unwakoly. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Advokasi Aktivitas Hasil Belajar IPS SD. Model Pembelajaran Advokasi merupakan salah satu model dalam pembelajaran Kooperatif dimana dengan cara diskusi/debat kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa. Hasil pengamatan tentang mata pelajaran IPS kelas III SDN Bendo 2 dapat diketahui bahwa siswa memiliki minat belajar yang renda diantarannya siswa cenderung pasif dan merasa bosan dalam pembelajaran IPS nilai rata-rata dalam hasil belajar adalah 65% masih kurang dari kriteria yang ditentukan yaitu 70%. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode konvensional. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan 1) Pelaksanaan model pembelajaran Advokasi dalam meningkatkan aktivitas belajar IPS pada siswa kelas III SDN Bendo 2 Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar. 2) Meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas III SDN Bendo 2 Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan desanin penelitian tindakan kelas dengan model dari Kammis dan Taggart yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Bendo 2 Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar yang terdiri dari 23 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soel tes lembar observasi lembar wawancara dan kamera. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaaan pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Advokasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Bendo 2 Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar yang ditunjukan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 40% siklus I sebesar 79% dan siklus II sebesar 100%. Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 43% siklus I 61% siklus II 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Advokasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas III SDN Bendo 2 Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar dengan baik. Untuk itu disarankan bagi guru sebagai seorang ahli yang mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran dengan interaksi yang edukatif komunikatif yang menyenangkan bagi siswa dan guru sendiri. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104647 |
Actions (login required)
View Item |