Peningkatan kemampuan membaca cepat melalui penggunaan strategi directed reading and thinking activity (DRTA) pada siswa kelas 4 SDN Girimoyo 02 Karangploso / Paramita Dwi Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca cepat melalui penggunaan strategi directed reading and thinking activity (DRTA) pada siswa kelas 4 SDN Girimoyo 02 Karangploso / Paramita Dwi Agustin

Agustin, Paramita Dwi (2013) Peningkatan kemampuan membaca cepat melalui penggunaan strategi directed reading and thinking activity (DRTA) pada siswa kelas 4 SDN Girimoyo 02 Karangploso / Paramita Dwi Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Membaca Cepat Peningkatan Kemampuan Strategi Directed Reading and Thinking Activity Sekolah Dasar. Membaca dalam waktu singkat (membaca cepat) merupakan kemampuan yang mutlak diperlukan oleh setiap orang pada era globalisasi ini. Sehingga sejak dini siswa sekolah dasar perlu diberi bekal kemampuan membaca cepat. Proses pembelajaran membaca cepat seharusnya tidak hanya bertujuan untuk melatih siswa membaca dalam waktu singkat tetapi juga memahami isi bacaan. Berdasarkan hasil test awal yang dilakukan peneliti di SDN Girimoyo 02 kemampuan membaca cepat siswa kelas 4 masih sangat rendah. Hal ini terlihat pada rendahnya ketuntasan kelas yang hanya mencapai 24%. Sehingga diperlukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa kelas 4 SDN Girimoyo 02 melalui penggunaan strategi Directed Reading and Thinking Activity (DRTA). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Girimoyo 02 Karangploso yang berjumlah 37 siswa. Dengan kompetensi dasar menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dokumentasi dan test. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yang meliputi tahap perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan dan observasi refleksi dan perbaikan. Penerapan strategi DRTA pada pembelajaran membaca cepat di kelas 4 SDN Girimoyo 02 melalui 3 tahap yaitu Tahap Prabaca (Eksplorasi) dengan membuat prediksi bacaan Tahap Saat baca (Elaborasi) dengan membaca cepat teks bacaan Tahap Pascabaca (konfirmasi) dengan mengkonfirmasikan prediksi terhadap bacaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang sangat signifikan terhadap ketuntasan belajar siswa dari tahap pra tindakan yang hanya 24% menjadi 62% pada siklus I atau mengalami peningkatan sebanyak 38%. Hasil tersebut kemudian meningkat lagi menjadi 78%. Sehingga secara keseluruhan siswa mengalami peningkatan sebesar 54%. Dari kegiatan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan strategi DRTA dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa kelas 4 SDN Girimoyo 02. Adapun saran yang bisa diberikan bagi peneliti adalah untuk lebih menambah pengetahuan tentang membaca cepat. Bagi guru untuk lebih meningkatkan pembelajaran membaca cepat di sekolah dasar dan bagi mahasiswa PGSD diharapkan penelitian ini dapat dijadikan rujukan untuk kegiatan-kegiatan inovatif lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104645

Actions (login required)

View Item View Item