Peningkatan hasil belajar IPS melalui model jigsaw pada siswa kelas IV SDN Kauman Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Rosina Kailausian - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model jigsaw pada siswa kelas IV SDN Kauman Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Rosina Kailausian

Kailausian, Rosina (2013) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model jigsaw pada siswa kelas IV SDN Kauman Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Rosina Kailausian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci peningkatan hasil belajar IPS jigsaw. Pemilihan model pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kauman 01 Kota Blitar dalam pembelajaran IPS dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV (37 % masih dibawah KKM dan 63 % sudah diatas KKM) yang diantaranya karena selama ini guru menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran IPS. Adapun permasalahan yang dipecahkan dalam skripsi ini (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Kauman 1 Kota Blitar (2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPS di kelas IV SDN Kauman 1 Kota Blitar. Penelitian ini dirancang dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian disusun dalam dua siklus penelitian yaitu siklus I (2 kali pertemuan) dan II (2 kali pertemuan). Setiap siklus secara berdaur meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Kegiatan refleksi dilakukan setiap akhir siklus dan dijadikan sebagai penentuan tindakan pada siklus berikutnya. Tahap pelaksanaan dilakukan secara kolaboratif dengan guru pembimbing yang ditunjuk oleh sekolah sebagai observer. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif. Dalam penerapannya model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan proses pembelajaran IPS di kelas IV SDN Kauman 01 Kota Blitar yaitu sebesar 87%. Penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw yang sesuai dengan prosedur dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik secara individu maupun kelompok. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase ketuntasan belajar dari masing-masing siklus. Siklus I 75% dan pada siklus II menjadi 87% Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw aktivitas dan motivasi siswa dapat meningkat hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase hasil belajar siswa baik secara kelompok maupun individu. Berdasarkan simpulan tersebut maka saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian pembahasan dan penarikan kesimpulan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Kauman 01 Kota Blitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga model pembelajaran ini hendaknya dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa baik pada mata pelajaran IPS maupun mata pelajaran lainnya sehingga akan menambah referensi guru dalam memfasilitasi siswa mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104644

Actions (login required)

View Item View Item