Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pemberian tugas bagi siswa kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar / Muhamad Ali Radja - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pemberian tugas bagi siswa kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar / Muhamad Ali Radja

Radja, Muhamad Ali (2013) Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pemberian tugas bagi siswa kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar / Muhamad Ali Radja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil belajar metode pemberian tugas IPS SD Pemilihan metode pembelajaran sangat penting untuk dipertimbangkan oleh guru karena metode pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa dalam mempelajari materi. Berdasarkan hasil observasi metode yang digunakan oleh guru adalah ceramah siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran hal itu diperkuat dengan rata-rata nilai ulangan akhir semester siswa kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar adalah 50 3. Alternatif pemecahan masalah tersebut yaitu menggunakan metode pemberian tugas dalam pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini 1) mendeskripsikan penerapan metode pemberian tugas pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar.2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui motode pemberian tugas di kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar. Penelitian ini adalah jenis penenlitian tindakan kelas (PTK. Penelitian terdiri dari dua siklus tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Isntrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas siswa lembar observasi aktivitas guru tes angket dan kamera. Observasi aktivitas siswa data direkam dengan instrumen tersebut. Data yang diperoleh disajikan alam bentuk tabel dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dari pra- tindakan sampai sikus II pertemuan II diketahui persentase peningkatan aktivitas siswa peningkatan aktivitas guru dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar. Aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan I mengalami peningkatan sebesar 27% kemuadian pada siklus I pertemuan II mengalami peningkatan 6% dan pada siklus II pertemuan I mengalami peningkatan sebesar 4% dan pada siklus II pertemuan II mengalami peningkatan sebesar 6% persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 9 16% pada siklus I pertemuan I pada siklus I pertemuan II mengalami peningkatan 10 25% pada siklus II pertemuan I mengalami peningkatan sebesar 9 59% dan pada siklus II pertemuan II mengalami penngkatan sebesar 11 41%. Hasil belajar siswa pada siklus pertemuan I mengalami penurunan sebesar 1 16% pada siklus I pertemuan II terjadi penngkatan sebesar 3 55% pada siklus II pertemuan I terjadi peningkatan 10 78% dan pada siklus II pertemuan II terjadi peningkatan sebesar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS di SD dan dapat meningkatkan kemampuan serta hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104643

Actions (login required)

View Item View Item