Fiyanto, Herdy Indra (2013) Peningkatan kemampuan menyimak cerita melalui media film pada siswa kelas V SDN Pendem 01 Kota Batu / Herdy Indra Fiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci kemampuan menyimak cerita media film sekolah dasar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak cerita siswa kelas V SDN Pendem 01. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti siswa kurang mampu menentukan unsur-unsur cerita memusatkan perhatian dan belum optimalnya penggunaan proyektor. Oleh sebab itu diperlukan adanya strategi yang lebih baik dalam pembelajaran diantaranya adalah penggunaan media film. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan media film dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas V SDN Pendem 01 Kota Batu (2) mendeskripsikan penggunaan media film dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Pendem 01 Kota Batu (3) mendeskripsikan dampak penggunaan media film terhadap keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menyimak cerita di kelas V SDN Pendem 01 Kota Batu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VC SDN Pendem 01 Kota Batu dengan jumlah siswa sebanyak 30 anak. Pelaksanaan PTK ini terdiri dari 2 siklus dan setiap tindakan terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dalam penelitian ini kemampuan siswa dalam menyimak cerita. Kemampuan siswa dalam menyimak cerita sebelum tindakan memperoleh nilai rata-rata 57 67. Setelah diberikan tindakan pada siklus I rata-rata kemampuan menyimak cerita siswa kelas VC meningkat menjadi 69 00 peningkatan nilai rata-ratanya adalah 11 33 (19 64%). Setelah itu dilaksanakan siklus II hasilnya menunjukkan peningkatan nilai rata-rata menjadi 77 33 peningkatan yang terjadi dari siklus I ke Siklus II adalah 8 33 (12 07%). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film dapat meningkatkan kemampuan siswa Kelas V SDN Pendem 01 dalam menyimak cerita. Saran yang diberikan peneliti kepada para guru dan peneliti lain adalah (1) Guru dapat menggunakan media film pada pokok bahasan menyimak (2) guru hendaknya selalu membuat RPP melaksanakan pengelolaan kelas yang baik disertai komponen pelengkap pembelajaran lain (3) penggunaan media film perlu dikembangkan lebih lanjut dan lebih bervariasi untuk memperbaiki kekurangan agar memperoleh hasil yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |