Kwaitota, Desiana Yuliana Fransina (2013) Peningkatan hasil belajar IPS melalui media gambar di kelas IV SDN Tanggung 02 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Desiana Yuliana Fransina Kwaitota. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Peningkatan hasil belajar ips media gambar Berdasarkan observasi pembelajaran IPS Kelas IV SDN Tanggung 2 Kec. Kepanjenkidul Kota Blitar diperoleh nilai yang sangat rendah dari 23 siswa hanya ada 11 siswa yang mendapat nilai diatas KKM sedangkan 12 siswa dinyatakan belum tuntas belajar. Hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media saat kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS pada siswa Kelas IV SDN Tanggung 2 Kec. Kepanjenkidul Kota Blitar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang setip siklusnya terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menerapkan media gambar menunjukan adanya peningkatan dalam aktivitas siswa. Pada siklus I nilai akhir siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal adalah 65. Persentase kentutasan belajar siswa adalah sebesar 65% atau sebanyak 15 siswa yang telah tuntas belajar. Sedangkan siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM sebesar 30% atau sebanyak 7 siswa yang belum tuntas belajar. Hal tersebut menunjukan bahwa persentase siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar hanya 65% dan persentase tersebut masih belum mencapai dari persentase ketuntasan yang ingin yaitu minimal 72%. Dalam siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa secara 75. Persentase ketuntasan klasikal satu kelas adalah sebesar 87% atau sebanyak 20 siswa telah tuntas belajar. Sedangkan siswa yang mendapat nilai dibawah KKM sebesar 13% atau sebanyak 3 siswa yang belum tuntas belajar. Permasalahan siswa yang tidak tuntas dikarenakan siswa tersebut lambat belajar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan demikian hendaknya guru menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPS kelas IV ini untuk mempermudah siswa memahami materi dan untuk memperbaiki hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104641 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |