Peningkatan hasil belajar PKn tentang sistem pemerintahan pusat melalui penerapan metode simulasi di kelas IV SDN tanggung 2 Kota Bl;itar / Hendrika Pia Angwarmase - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn tentang sistem pemerintahan pusat melalui penerapan metode simulasi di kelas IV SDN tanggung 2 Kota Bl;itar / Hendrika Pia Angwarmase

Angwarmase, Hendrika Pia (2013) Peningkatan hasil belajar PKn tentang sistem pemerintahan pusat melalui penerapan metode simulasi di kelas IV SDN tanggung 2 Kota Bl;itar / Hendrika Pia Angwarmase. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci peningkatan hasil belajar pembelajaran PKn metode simulasi Pembelajaran PKn di SDN Tanggung 2 masih menggunakan metode konvensional. Apa bila ada kesulitan siswa terlihat diam saja dan tidak mempunyai keinginan untuk bertanya dengan gurunya maupun bertukar pendapat dengan temannya. Selain itu media yang digunakan tidak menarik dan sulit dipahami oleh siswa. Akibatnya hasil belajar PKn pada pra tindakan sangat rendah yaitu 25 siswa hanya 1 siswa yang memperoleh nilai 75 atau 4% dari jumlah siswa. Sedangkan yang lainnya yaitu 1 siswa memperoleh nilai 20 1 siswa memperoleh nilai 30 6 siswa memperoleh nilai 40 8 siswa memperoleh nilai 50 dan 8 siswa memperoleh nilai 60. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) bagaimanakah penerapan metode Simulasi dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN Tanggung 2 Kota Blitar (2) Apakah penerapan metode Simulasi dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar di kelas IV SDN Tanggung 2 Kota Blitar . Upaya perbaikan untuk pembelajaran selanjutnya dengan menerapkan metode pembelajaran yang bisa meningkatkan hasil belajar siswa yaitu metode Simulasi. Metode ini dipilih karena untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran PKn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Rancangan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga tahap yaitu pra tindakan siklus I dan siklus II. Masing-masing tahap terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada saat pra tindakan adalah 49 8 kulaifikasi nilai kurang pada siklus I pertemuan 1 adalah 60 2 kualifikasi nilai cukup pada siklus I pertemuan 2 adalah 74 kualifikasi nilai cukup dan pada siklus II adalah 90 kualifikasi nilai sangat baik. Dari hasil belajar tersebut dapat diketahui peningkatan pada pra tindakan ke siklus I pertemuan 1 sebesar 10 4% dari siklus I pertemuan 1 ke siklus I pertemuan 2 sebesar 13 8% dan dari siklus I pertemuan 2 ke siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 16%. Kesimpulan berdasarkan temuan dari penelitian ini diketahui bahwa kegiatan pembelajaran selama pra tindakan siklus I dan siklus II dengan menerapkan metode Simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn serta dapat meningkatkan aktivitas siswa dan aktivitas guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104638

Actions (login required)

View Item View Item